MENINGKATKAN PENGUASAAN GRAMMAR PADA PERFECT TENSE MELALUI TEKNIK QUIZ-QUIZ TRADE PADA SISWA KELAS XI SMA N 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Leila Nurul Amali, Mat Ibnu

Abstract


Grammar selalu mempunyai peranan penting dalam bahasa Inggris dan komunikasi formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan grammar Perfect Tense pada siswa kelas XI SMA N 2 Semarang menggunakan teknik Quiz-Quiz Trade. Metode penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Semarang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 7 SMA N 2 Semarang yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam tiga pertemuan. Instrumen pada penelitian ini meliputi lembar observasi dan tes hasil belajar. Kemudian, teknik analisis data dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan hasil analis tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Lalu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa presentase hasil belajar pratindakan pada grammar Perfect Tense masih rendah. Setelah diterapkannya teknik Quiz-Quiz Trade di siklus I, terjadi peningkatan pada hasil presentase belajar siswa tapi masih cukup. Kemudian, peneliti menerapkan teknik Quiz-Quiz Trade di siklus II dengan menambah variasi pembelajaran dan terjadi hasil presentase belajar siswa cukup tinggi. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil presentase pratindakan 19% dan pada siklus I menjadi 75%, dan pada siklus II menjadi 92%. Dengan demikian, penggunaan teknik Quiz-Quiz Trade dapat meningkatkan penguasaan grammar Perfect Tense pada siswa kelas XI MIPA 7 SMA N 2 Semarang.

Keywords


Grammar, Perfect Tense, teknik Quiz-Quiz Trade

Full Text:

PDF

References


Abdulwahed, Sadiq. A. I. 2010. ESP Students’ Views Of ESL Grammar Learning. GEMA Online™ Journal of Language Studies Volume 10(3). ISSN: 1675-8021

Afian, A. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Kolaborasi Model Quiz-Quiz Trade Dan Team Game Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Keaktifan Belajar Dan Self Esteem. Jurnal Inspirasi Pendidikan, volume 3, Nomor 1:216-226. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/365/140

Arikunto, S, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Azar, Betty Schrampfer. 1993. Understanding and Using English Grammar. Translated by Budijanto. 1993. Jakarta: Binarupa Aksara.

Brown, H. Douglas. 2001. Teaching by Principles an Interactive Approach to Language Pedagogy.

Diah, M. P. & Budi E. S. & Sri U. 2017. The Implementation of Cooperative Learning Model Quiz-Quiz Trade and Inside-Outside Circle to Improve the Students’ Social Skills and Learning Outcomes. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences Vol. 7, No. 6. Retrieved from www.hrmars.com

Diah M. P. & Sri U. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quiz-Quiz Trade pada Pembelajaran IPS SD. Prosiding TEP & PDs Tema: 6 Nomor: 30 hal 796 – 802.

Fajar A., Tyas & Budi E. S. & Madziatul C. 2018. Implementation of Learning Model of Round Robin and QuizQuiz Trade on the Subject of Entrepreneurship Training to Improve Self Efficacy and Student Learning Outcomes (Study on Students Class X AP 1 SMK PGRI Sooko Mojokerto). European Journal of Business and Management, vol.10, No.12. Retrieved from www.iiste.org

Habidi, & Utami W. & Budi E. S. 2017. The Implementation of Cooperative Learning Model Quiz-Quiz Trade and Inside-Outside Circle to Improve the Students’ Communicative Skill and Learning on Social Science Lesson. IOSR Journal of Humanities And Social Science, volume 22, Issue 4, Ver. 1 PP 61-69. DOI: 10.9790/0837-2204016169

Johnson, J, dan Holubec. 2004. Colaborative Learning: Strategi Pembelajaran untuk Sukses Bersama. Terjemahan Yu. 2010. Bandung: Nusa Media

Kagan, S. & Kagan, M. 2009. Cooperative Learning. San Clemente: Kagan Publishing.

Nurdianasari, N., & Fattah H. & Budi E. S. 2017. The Implementation of Quiz-Quiz-Trade and Fan-N-Pick Learning Model to Enhance Social Skills and Cognitive Learning Outcome of Social Studies. International Journal of Humanities and Social Science Invention, volume 6 Issue 6 PP.81-85. Retrieved from www.ijhssi.org.




DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v12i2.3836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:

  

         

Creative Commons License

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.