ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN AKADEMIK DOSEN MANAJEMEN UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
Abstract
Perguruan tinggi mempunyai peran yang penting yaitu sebagai pewaris, pelestari, dan agen kebudayaan mempunyai tanggung jawab yang tidak ringan.. Pelayanan akademik adalah suatu kegiatan akademik yang ditawarkan kepada suatu pihak (mahasiswa) baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka pencapaian tujuan akademik. Kepuasan mahasiswa ditentukan oleh kualitas layanan yang berkaitan dengan akademik. Didasarkan hal tersebut maka penelitian ini dimaksudkan untuk menguji kepuasan layanan akademik mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Semarang. Jumlah sampel adalah 100 orang. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan bahwa tangibles berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa adalah didukung. Reliability berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa adalah didukung. Responsiveness berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa adalah didukung. Assurance berpengaruh kepuasan mahasiswa adalah didukung. Sedangkan yang terakhir empati berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa adalah tidak didukung.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Apriliana, Santoso, Sumaryati, (2013) Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa BKK Pendidikan Akuntansi Program Studi
Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Jupe UNS, Vol 2, No 3, Hal 211
s/d 223
Boky, (2016), Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Sekolah Tinggi THEOLOGIA JAFFRAY MAKASSAR, JURNAL JAFFRAY,
Vol. 14, No. 2, Oktober 2016
Fandy, Tjiptono (1996). Layanan prima nidang jasa. Yogyakarta : Andi Offset
Fandy, Tjiptono (2004). Manajemen jasa. Yogyakarta : C.V ANDI OFFSET
---------------------. (2007). Pemasaran jasa. Malang: Bayumedia Publishing
Farida, Jasfar, M. E. (2009). Manajemen jasa (pendekatan terpadu). Jakarta: Ghalia Indonesia
Gistituati, Effendi, Susanti (2017), Kepuasan Mahasiswa Program Pascasarjana (PPs) Terhadap Layanan Akademik Dosen Di UNIVERSITAS NEGERI PADANG, Prosiding Semimar Nasional Pascasarjana (SNP) Unsyiah 2017, April 13, 2017, Banda Aceh, Indonesia
Handi. D. Irawan, MBA, M. Com, (2002). “10 Prinsip kepuasan pelanggan”, PT. Alex Media Computindo.
Ilyas, (2014), Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Akademik Dosen Pendidikan Agama Islam (Penelitian Pada Mahasiswa Semester II Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang), Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 31 Nomor 2 Tahun 2014
James, Engel et al. Poger Blackwell & paul W. Miniard (1994). Perilaku konsumen. Jakarta : Terjemahan Binarupa
Pratiwi, (2011), Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Jakarta, Skripsi, Universitas Islam Negeri Jakarta
Philip, Kotler & A.B Susanto (2000).Manajemen pemasaran di indonesia analisis perencanaan implementasi dan pengendalian. Jakarta : Salemba Empat
Philip, Kotler. (2009). Manajemen pemasaran, Edisi ke-13. Indonesia: PT. Gelora Aksara Pratama.
Ruslan, Rosady (2003). Public Relation dan Komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Sugiyono. 2009. Statistika untuk penelitian. Alfabeta: Bandung
Suharsimi, Arikunto. (2006). Prosedur suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.26877/sta.v1i2.3224
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.