ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN AKADEMIK DOSEN MANAJEMEN UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Hawik Ervina Indiworo, Khalimah - -, Noni - Setyorini, Henry Casandra Gultom

Abstract


Perguruan tinggi mempunyai peran yang penting yaitu sebagai pewaris, pelestari, dan agen kebudayaan mempunyai tanggung jawab yang tidak ringan.. Pelayanan akademik adalah suatu kegiatan akademik yang ditawarkan kepada suatu pihak (mahasiswa) baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka pencapaian tujuan akademik. Kepuasan mahasiswa ditentukan oleh kualitas layanan yang berkaitan dengan akademik. Didasarkan hal tersebut maka penelitian ini dimaksudkan untuk menguji kepuasan layanan akademik mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Semarang. Jumlah sampel adalah 100 orang. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan bahwa tangibles berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa adalah didukung. Reliability berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa adalah didukung. Responsiveness berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa adalah didukung. Assurance berpengaruh kepuasan mahasiswa adalah didukung. Sedangkan yang terakhir empati berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa adalah tidak didukung.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Apriliana, Santoso, Sumaryati, (2013) Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa BKK Pendidikan Akuntansi Program Studi

Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Jupe UNS, Vol 2, No 3, Hal 211

s/d 223

Boky, (2016), Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Sekolah Tinggi THEOLOGIA JAFFRAY MAKASSAR, JURNAL JAFFRAY,

Vol. 14, No. 2, Oktober 2016

Fandy, Tjiptono (1996). Layanan prima nidang jasa. Yogyakarta : Andi Offset

Fandy, Tjiptono (2004). Manajemen jasa. Yogyakarta : C.V ANDI OFFSET

---------------------. (2007). Pemasaran jasa. Malang: Bayumedia Publishing

Farida, Jasfar, M. E. (2009). Manajemen jasa (pendekatan terpadu). Jakarta: Ghalia Indonesia

Gistituati, Effendi, Susanti (2017), Kepuasan Mahasiswa Program Pascasarjana (PPs) Terhadap Layanan Akademik Dosen Di UNIVERSITAS NEGERI PADANG, Prosiding Semimar Nasional Pascasarjana (SNP) Unsyiah 2017, April 13, 2017, Banda Aceh, Indonesia

Handi. D. Irawan, MBA, M. Com, (2002). “10 Prinsip kepuasan pelanggan”, PT. Alex Media Computindo.

Ilyas, (2014), Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Akademik Dosen Pendidikan Agama Islam (Penelitian Pada Mahasiswa Semester II Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang), Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 31 Nomor 2 Tahun 2014

James, Engel et al. Poger Blackwell & paul W. Miniard (1994). Perilaku konsumen. Jakarta : Terjemahan Binarupa

Pratiwi, (2011), Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Jakarta, Skripsi, Universitas Islam Negeri Jakarta

Philip, Kotler & A.B Susanto (2000).Manajemen pemasaran di indonesia analisis perencanaan implementasi dan pengendalian. Jakarta : Salemba Empat

Philip, Kotler. (2009). Manajemen pemasaran, Edisi ke-13. Indonesia: PT. Gelora Aksara Pratama.

Ruslan, Rosady (2003). Public Relation dan Komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Sugiyono. 2009. Statistika untuk penelitian. Alfabeta: Bandung

Suharsimi, Arikunto. (2006). Prosedur suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.26877/sta.v1i2.3224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

POSKOBET POSKOBET POSTOTO787 SUNDA787 SUNDA787 ASIABET777 ASIABET777 KAWAHTOTO EMAS787 link slot gacor slot 10 ribu diamond murah voucher game