OPTIMALISASI SISTEM PEMASARAN DILIHAT DARI INTERNAL USAHA KULINER DALAM MENDUKUNG EKOWISATA PADA KAWASAN PANTAI CEMARA (KASUS DUSUN CEMARA DESA LEMBAR SELATAN KABUPATEN LOMBOK BARAT – PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT)

Dewi Rispawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan guna mengoptimalkan sistem pemasaran dilihat dari internal usaha kuliner para pedagang dan dapat mengidentifikasikan kekuatan dan kelemahan dari usaha kuliner yang ada dikawasan Pantai Cemara Dusun Cemara Desa Lembar Selatan Kabupaten Lombok Barat – Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dusun Cemara Desa Lembar Selatan Kabupaten Lombok Barat – Provinsi Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu tujuan objek wisata yang ada di Pulau Lombok – Provinsi Nusa Tenggara Barat yang mempunyai daya tarik tersendiri, dengan adanya tanaman bakau/mangrove disepanjang pesisir Pantai Cemara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kasus (studi kasus). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi serta alat pengumpulan data yang digunakan berupa daftar pertanyaan. Penelitian ini menggunakan metode analisa data yaitu berupa Tabel IFAS (Internal Strategic Analysis Summary), yang diperjelas dengan Matrik Space analisis.

 Hasil Penelitian dapat diketahui sistem pemasaran usaha kuliner dapat dioptimalkan dengan memperhatikan sistem pemasaran antara lain: menawarkan produk yang dijual beraneka ragam, harga yang ditawarkan dapat terjangkau oleh pengunjung, mengoptimalkan promosi, pendistribusian makanan kuliner yang ditawarkan dapat secara langsung dan souvenir/kerajinan tangan yang ada di Kawasan Pantai Cemara Dusun Cemara Desa Lembar Selatan Kabupaten Lombok Barat – Provinsi Nusa Tenggara Barat dapat melalui sarana media massa dan internet agar dapat diketahui produk daerah setempat hingga ke manca negara. Pemerintah Daerah setempat harus memfokuskan untuk mengembangkan objek wisata Pantai Cemara, salah satunya dengan memfasilitasi transportasi ke tempat objek wisata Pantai Cemara.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari, 2008, Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta.

Alma, Buchari, 1999, Pengantar Bisnis, Bandung: Alfabeta.

Alma, Buchari, 1997, Dasar - Dasar Bisnis Dan Pemasaran, Bandung: Alfabeta.

Assauri, Sofjan, 2002, Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, 2018, Profil Pariwisata Pantai Cemara Kabupaten Lombok Barat, http://dispar.lombokbaratkab.go.id.

Indriyo, Gitosudarmo, 2001, Manajemen Strategis, Yogyakarta: BPFE.

Kotler, P; Hoon, Swee, A; Meng, Siew, L; Tiong, Chin, T, 2000, Manajemen Pemasaran Persperktif Asia, Yogyakarta: ANDI.

Nazir, Moh, 1999, Metodologi Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pendit, N.S, 1994, Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana, Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Pesona Hutan Mangrove Lembar Selatan, 2017, http://wisata-alam.kampung- media.com.

Rangkuti, Freddy, 2004, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utami.

Sutarno, 2012, Serba – Serbi Manajemen Bisnis, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Swastha, Basu, DH, 2002, Azas-Azas Marketing, Yogyakarta: Liberty.

Swastha, Basu, dan Sukotjo, Ibnu, 2002, Pengantar Binis Modern, Yogyakarta: Liberty

Tjiptono, Fandy, 1997, Strategi Pemasaran Edisi II, Yogyakarta: ANDI.

Wahab, Salah, 1988, Manajemen Kepariwisataan, Jakarta: PT. Pradnya Paramita




DOI: https://doi.org/10.26877/sta.v1i2.3225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

POSKOBET POSKOBET POSTOTO787 SUNDA787 SUNDA787 ASIABET777 ASIABET777 KAWAHTOTO EMAS787 link slot gacor slot 10 ribu diamond murah voucher game