Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert

Petrus Fendiyanto, Elmerillia Faridhatijannah, Zainuddin Untu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert pada materi program linier. Subjek penelitian adalah siswa ekstrovert dan siswa introvert dari kelas XI MIPA 8 SMA Negeri 10 Samarinda yang memiliki kemampuan tinggi. Adapun instrumen penelitian berupa angket, tes tertulis, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yaitu angket, tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yaitu pengumpulan  data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa ekstrovert dan introvert pada penelitian ini melakukan kesalahan yang sama, yaitu salah dalam menentukan symbol yang digunakan dalam model matematika terutama pada symbol pertidaksamaan yang digunakan, dan pada penelitian ini siswa ekstrovert cenderung lebih runtut dan detail dalam menyelesaikan soal daripada siswa introvert

Full Text:

PDF

References


Armanza, R., & Asyhar, B. (2020). Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa SMA/MA dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Berdasarkan Tipe Kepribadian. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 163– 176. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.163-176

Halima, N., Trapsilasiwi, D., & Oktavianingtyas, E. (2020). Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel ( Spltv ) Ditinjau Dari Kepribadian Extrovert Dan Introvert. Kadikma, 11(3), 1– 10.

Purwanto, M. N. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta

Utami, E. (2017). Hubungan Kepribadian dengan Tingkat Kepuasan Interaksi Sosial Lansia. Skripsi




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i2.12071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats