To make it easier to verify articles, prospective authors are requested to attach a cellphone number or contact our admin number when creating an account.
Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert
Petrus Fendiyanto, Elmerillia Faridhatijannah, Zainuddin Untu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert pada materi program linier. Subjek penelitian adalah siswa ekstrovert dan siswa introvert dari kelas XI MIPA 8 SMA Negeri 10 Samarinda yang memiliki kemampuan tinggi. Adapun instrumen penelitian berupa angket, tes tertulis, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yaitu angket, tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa ekstrovert dan introvert pada penelitian ini melakukan kesalahan yang sama, yaitu salah dalam menentukan symbol yang digunakan dalam model matematika terutama pada symbol pertidaksamaan yang digunakan, dan pada penelitian ini siswa ekstrovert cenderung lebih runtut dan detail dalam menyelesaikan soal daripada siswa introvert
Armanza, R., & Asyhar, B. (2020). Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa SMA/MA dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Berdasarkan Tipe Kepribadian. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 163– 176. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.163-176
Halima, N., Trapsilasiwi, D., & Oktavianingtyas, E. (2020). Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel ( Spltv ) Ditinjau Dari Kepribadian Extrovert Dan Introvert. Kadikma, 11(3), 1– 10.
Purwanto, M. N. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta
Utami, E. (2017). Hubungan Kepribadian dengan Tingkat Kepuasan Interaksi Sosial Lansia. Skripsi