Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan Ditinjau dari Tipe Adversity Quotient (AQ) Siswa

Heri Cahyono

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik pada model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan pendekatan saintifik, pada siswa dengan Adversity Quotient (AQ) tipe climber, camper, dan quitter pada materi pokok Himpunan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Ngawi tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified cluster random sampling, sehingga diperoleh siswa pada SMP Negeri 1 Jogorogo, SMP Negeri 2 Paron, dan  SMP Negeri 2 Ngrambe sebagai sampel penelitian sebanyak 80 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar dan angket Adversity Quotient (AQ). Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi (anava) satu jalan sel tak sama. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan pendekatan saintifik pada siswa dengan AQ tipe climber memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan AQ tipe camper dan quitter, serta prestasi belajar matematika siswa dengan AQ tipe camper sama baiknya dengan siswa dengan AQ tipe quitter dalam memberikan prestasi belajar matematika pada materi pokok himpunan.

Kata kunci: group investigation, adversity quotient, pendekatan saintifik


Full Text:

PDF

References


Arends & Kilcher. 2010. Teaching for student learning: becoming an accomplished teacher. New York & London. Routledge.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2016. Laporan Hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015/2016.

Ignacio, N.G., Blanco Nieto, L.J. & Barona, E.G. 2006. The Affective Domain In Mathema Tics Learning. International Electronic Journal of Mathematics Education. Vol. 1 No. 1: 16–32.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No 65 Tahun 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Shivinder Phoolka, Er. 2012. Adversity Quotient: A New Paradigm to Explore. International Journal of Contemporary Busines Studies. 3(4): 2156 – 7506.

Siti Nureini. 2011. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan Numbered Heads Together (NHT) ditinjau dari Adversity Quotient Siswa Kelas VIII SMP di Surakarta. Tesis: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Stoltz. 2000. Adversity Quotients Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Grasindo.

Sudarman. 2012. Adversity Quotients: Kajian Kemungkinan Pengintegrasiannya dalam Pembelajaran Matematika.Jurnal Pendidikan. Vol. 1(1). pp. 55 – 62.

Zakaria, E., Chin, L., and Daud, M. Y. 2010. The Effects of Cooperative Learning on Students’ Mathematics Achievement and Attitude towards Mathematics. Journal of Social Sciences. Vol. 6(2). pp. 272-275.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats