Menumbuhkan Kemampuan Representasi Matematis dan Metakognitif Siswa Kelas XIII SMP Menggunakan Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menumbuhkan kemampuan representasi matematis dan metakognitif siswa kelas VIII SMP melalui model CORE. Penelitian yang kami lakukan dengan mengkaji, mengaitkan karakteristik, dan indikator kemampuan representasi dan metakognitif. Pada dasarnya representasi matematis memiliki tiga indikator yang lebih abstrak dan memiliki tingkat kemampuan representasi pemecahan masalah yang lebih tinggi, yaitu representasi bahasa, representasi kata/ungkapan matematika dan representasi kata/teks tertulis. Fakta dilapangan membuktikan bahwa hasil kemampuan representasi matematika di Indonesia masih banyak yang kurang memuaskan. Jika strategi pada representasi yang digunakan sesuai dengan masalah, masalah yang dianggap kompleks menjadi lebih sederhana. Oleh karena itu, pemilihan model representasi memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan kebijakan dalam penyelesaian masalah. Selain keterampilan representasi pada penelitian ini juga mengkaji mengenai metakognitif, Metakognisi adalah pemikiran seseorang tentang pikirannya sendiri, termasuk pemahaman tentang hal-hal yang diketahui. Metakognisi meliputi pengetahuan metakognitif dan pengalaman atau regulasi metakognitif. Sehingga dari penelitian kajian pustaka ini dapat disimpulkan bahwa dari beberapa fakta dilapangan yang telah diteliti oleh peneliti lain, kemampuan representasi matematis dan metakognitif siswa masih banyak yang belum memuaskan dan beberapa siswa masih belum dapat menumbuhkan kemampuan representasi maupun metakognitif dalam pembelajaran. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending) dapat menumbuhkan kemampuan representasi matematik dan metakognitif siswa kelas VIII SMP.
Full Text:
PDFReferences
Ainsworth, S. (2006). DeFT: A conceptual framework for considering learning with multiple representations. Learning and Instruction, 16(3), 183-198. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2006.03.001
Amelia, A. (2013). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Penerapan Pendekatan Kognitif. Tersedia di http://_repository. upi. edu/531/1/S_MTK_0909022_TITLE. pdf.
Arifah, U. (2018). Efektivitas model pembelajaran CORE (connecting, organizing, reflecting, extending) terhadap kemampuan berpikir aljabar pokok bahasan fungsi komposisi dan invers MA Shofa Marwa Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, UIN Walisongo Semarang).
Anderson, O.W. & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching, and Assessing (A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives). New York: Addision Wesley Longman, Inc.
Asmawati, T., & Relita, D. T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CORE terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Afektif Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu. JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 96-112. Diakses dari http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE
Alzahrani, K. S. (2017). Metacognition and cooperative learning in the Mathematics classroom. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 475-491. Diakses dari https://www.iejme.com/makale/1888
Brown, A. (1987). Metacognition, Executive Control, Self Regulation and Mysterious Mechanisms. In R. K. Franz E. Weinert (Ed.), Metacognition, Motivation and Understanding (3 ed., pp. 65-117). The University of Michigan: L. Erlbaum Associates.
Irawan, B. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Mathematics Science and Education, 1(1), 38-54. https://doi.org/10.31540/jmse.v1i1.132
Dela Cruz, J. D. D., Cortez, A. G., & Vic Marie, I. Measuring Understanding of Electron Distribution of Atoms among Pre-service and In-Service Physical Science Teachers Using Representational Task. Diakses dari https://pdfs.semanticscholar.org/6d9f/3fba1424a088a9db8b7f6d1dc3e328d9c3f9.pdf
Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2011). Analisis representasi matematik siswa sekolah dasar dalam penyelesaian masalah matematika kontekstual. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(1), 128-138.
Farkhana, N. N., & Firmansyah, D. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMA pada materi matriks. Prosiding Sesiomadika, 2(1d).
Flavell, J. H. (1976.) Metacognitive Aspect of Problem Solving. In L. B. Resnick (Ed.), The Nature of Intelligence. Hillsdale, NJ: Erlbaum Association.
Flavell, J. (1979) Metacognition and cognitive monitoring: A new area of cognitive-developmental inquiry. American Psychologist, Vol. 34: 907-11.
Goldin, G. A., & Kaput, J. J. (1996). A joint perspective on the idea of representation in learning and doing mathematics. Theories of Mathematical Learning, 397.
Hariyanto, H. (2017). PENERAPAN MODEL CORE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1). Diakses dari http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/575
Iskandar, S. M. (2016). Pendekatan keterampilan metakognitif dalam pembelajaran sains di kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(2), 13-20. Diakses dari https://erudio.ub.ac.id/index.php/erudio/article/view/151
Kartini, K. (2009). Peranan representasi dalam pembelajaran matematika. In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.
Kristiani, N. (2015). Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pembelajaran Saintifik dalam Mata Pelajaran Biologi SMA Kurikulum 2013. In Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS. Surakarta.
Kluwe, R. H. (1982). Cognitive knowledge and executive control: Metacognition Animal mind—human mind (pp. 201-224): Springer.
Luksiana, E., & Purwaningrum, J. P. (2018). Model Pembelajaran Core untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berbantuan Media Batik. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 98-102. Diakses dari http://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya
Mandur, K., Sadra, I. W., & Suparta, I. N. (2001). Kontribusi kemampuan koneksi, kemampuan representasi, dan disposisi matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa sma swasta di kabupaten manggarai. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 2(2). Diakses dari http://119.252.161.254/e-journal/index.php/JPM/article/view/885
Muin, A. (2005). Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa SMA. Tesis pada SPS UPI: Tidak diterbitkan.
Maulana. (2008). Pendekatan Metakognitif Sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Dasar. No 10, Oktober 2008. Bandung: UPI.
National Council of Teacher Mathematics. (2000). Principles and Standadrs for School. USA: NCTM.
Rahmawati, D., Hidayanto, E., & Anwar, R. B. (2017). Process of mathematical representation translation from verbal into graphic. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 367-381. Diakses dari https://www.iejme.com/article/process-of-mathematical-representation-translation-from-verbal-into-graphic
Rangkuti, A. N. (2013). Representasi matematis. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 1(02). Diakses dari http://194.31.53.129/index.php/LGR/article/view/222
Rivai, E. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA MATERI INTEGRAL LUAS SISWA KELAS XII TEK A SMK NEGERI 1 CIMAHI MENGGUNAKAN PENDEKATAN METAKOGNITIF. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 5(2), 62-68. Diakses dari http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/987
Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33-44. Diakses dari http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jpm/article/view/49
Salkind, G. M., & Hjalmarson, M. (2007). Mathematical representations. George Mason University.
Shoimin. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Siregar, N. A. R., Deniyanti, P., & El Hakim, L. (2018). Pengaruh model pembelajaran core terhadap kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(1). Diakses dari http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2997
Umbara, U. (2020). Increase Representation in Mathematics Classes: Effects of Computer Assisted Instruction Development with Hippo Animator. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15(2).
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7679
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika