IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL PADA TEMA CITA - CITAKU KELAS IV SDN WONOSARI 3

Hakim Mujadid, Sukamto Sukamto, Prasena Arisyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model project based learning berbantu media audiovisual terhadap hasil belajar siswa SDN Wonosari 3. Pada penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang“Implementasi Model Project Based Learning Berbantu Media Audiovisual Pada Tema Cita-Citaku Subtema Kelas IV SDN Wonosari 3” dapat disimpulkan bahwa dampak implementasi model project based learning berbantu media audiovisual berdampak pada nilai hasil belajar siswa. Dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa dalam kelas eksperimen yaitu dari jumlah 30 siswa yang mencapai tuntas belajar yaitu 28 siswa dengan nilai rata-rata 86,5. Sementara kelas control dari jumlah 31 siswa yang mencapai tuntas belajar yaitu 10 siswa dengan rata-rata 59,2. Sedangkan hasil analisis uji t dengan thitung = 7,894 dan ttabel = 1,678 maka thitung > ttabel sehingga ho ditolak dan ha diterima. Sehingga dapat dilihat bahwa pembelajaran menggunakan model project based learning berbantu media audiovisual lebih baik dibandingkan dengan menggunkan model konvensional. Pembelajaran yang terfokus kepada guru akan membuat siswa menjadi bosan, dan kurang semangat. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya Model Project Based Learning berbantu Media Audiovisual digunakan sebagai salah satu alternative guru dalam melakukan pembelajaran.

Kata Kunci: project based learning, audiovisual


Full Text:

PDF

References


Abas, C., Darmawan, D., & Akhmad. (n.d.). Pengaruh Aktivitas Blogging Dalam Model Pembelajaran Project Base Learning Terhadap Hasil. 278–288.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :RinekaCipta.

Arsyad, & Sulfemi, W. B. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan Dalam Meningkatkan Belajar Ips.uJrnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(2), 41.

Aslan, S. L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Mata Pelajaran Sosiologi). 19.

Azhar Arsyad. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 36(1), 9–34.

Gunawan, A. (2017). Pengembangan Model Belajar Blended Learning Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 11–21.

Hamzah B. Uno. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bandung : Bumi Aksaara

Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun. Cakrawala Pendas, 3(2), 57–63.

Hernawan, Asep Herry. Badru Zaman dan Cepi Riyana. 2018. Media Pembelajaran ekolah Dasar. Bandung: UPI Press.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

Jawene Malau. (2006). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN.

Kadir, abdul. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah. Dinamika Ilmu, 13(1), 17–38.

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 8, Issue 9).

Kurniawan, D. P., Istiandaru, A., Sulistiowati, E., & Dahlan, A. (2020). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sd N Tegalombo 02 Melalui Pembelajaran Project-Based Learning Berbantuan Powerpoint Interaktif. Prosiding Pendidika, 1581–1591.

Menteri Dalam Negeri.2021.Instruksi Menteri Dalam Negeri RI Nomor 15. Jakarta

Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Muhlisin, A. I. (2020). PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ( UIN ) SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN 2020 M / 1441 H. 2020.

Nuraini, R., Febrianti, N., Baroroh, E., & Hartini, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Daring Berbasis. Prosiding Pendidikan P, 81–91.

Ratnawati, E. (2016). Karakteristik Teori-Teori Belajar Dalam Proses Pendidikan (Perkembangan Psikologis Dan Aplikasi). Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2), 1–23.

Sari, A. Y., & Astuti, R. D. (2018). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Motoric, 1(1), 10.

Sudjana, Nana. 2018. Penilaian Hasil Belajar dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabet.




DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v2i2.18542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Cerdas Mendidik



Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik 

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Siti Patonah, M.Pd.    
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]