ANALISIS KETERAMPILAN GERAK DASAR PESERTA DIDIK KELAS 2B TEMA 5 DI SDN TLOGOSARI WETAN 01 SEMARANG
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pentingnya perkembangan gerak dasar anak dan melakukan pengamatan mengenai kondisi perkembangan gerak dasar siswa pada kelas rendah sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai perkembangan kemampuan gerak dasar siswa.Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2B hanya menerima pembelajaran penjaskes tidak dengan dajarkan pengenalan atau teori terlebih dahulu, sehingga perkembangan keterampilan pada siswa tersebut tidak bisa dinilai perkembangannya.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas 2B dan guru PJOK. Hasil penelitian ini yaitu keterampilan gerak dasar merupakan fondasi tingkah laku manusia dan membantu anak usia dini untuk mempelajari keterampilan baru dalam bidang lainnya. Gerak lokomotor merupakan gerak memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat yang lain. Macam-macam gerak lokomotor, yaitu : lari, lompat, loncat, leaping, jingkat, menderap, sliding, skiping, rolling, dan memanjat. Sedangkan gerak non lokomotor merupakan aktivitas yang menggerakkan anggota tubuh pada porosnya dan pelaku tidak pindah tempat. Bentuk-bentuk gerak non lokomotor, yaitu menghindar, meregangkan otot, memutar dan berputar, mengayunkan kaki, bergantung, menarik.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah senantiasa meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan mengenai gerak dasar lokomotor, nono lokomotor dan manipulatif dengan gaya permainan yang mengedukasi siswa.
Kata Kunci: Gerak Dasar, KeterampilanFull Text:
PDFReferences
Dolong, J. (2016). Teknik analisis dalam komponen pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 293-300.
Hanief, Y. N. (2017). Membentuk gerak dasar pada siswa sekolah dasar melalui permainan tradisional. JOURNAL OF SPORTIF, 1(1), 60-73.
Bremer, E. & Cairney, J. (2016). Fundamental Movement Skills and Health-Related Outcomes: A Narrative Review of Longitudinal and Intervention Studies Targeting Typically Developing Children. American Journal of Lifestyle Medicine, 12 (2), 1–12.
Fauziah, Syafiah, I. Habibah, S. 2017. ‘Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Lesson Study Di Kelas V Sd Negeri Lampagen Aceh Besar’. Jurnal : Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Suharni, and Purwanti. 2019. ‘Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa’. Jurnal : Bimbingan Dan Konseling.
Irene, Childa. 2013. Implementasi Pembelajaran Temtik Pada Siswa Kelas Rendah Di SD Negeri Balekerto Kecamatan Kaliangkrik. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Nuriszka, Pegi. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik Terpadu SD Negeri 1 Pringsewu Utara. Skripsi. Lampung : Universitas Islam Negeri (UIN) Lampung.
Hidayat, Arif. 2017. Peningkatan Aktivitas Gerak Lokomotor, Nonlokomotor dan Manipulatif Menggunakan Model Permainan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Volume 9 Nomor 2, hal 21-29.
DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v3i1.18562
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Cerdas Mendidik
Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Siti Patonah, M.Pd.
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]