PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “MAKALIAN” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Pada mata pelajaran matematika pada materi perkalian kurangnya media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar yang masih menggunakan LKS dan PPT saja. Proses pembelajaran sudah berjalan baik. Tetapi terdapat siswa yang masih kesulitan memahami materi tersebut. Pada mata pelajaran matematika belum pernah menggunakan media berbasis teknologi maupun aplikasi. Penelitian bertujuan untuk: (1) bagaimana desain pengembangan media pembelajaran Makalian, (2)kevalidan media pembelajaran Makalian (3) respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran matkalian. Tujuan dari penelitian ini menghasilkan media pembelajaran Matkalian yang valid dan mengetahui respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran Matkalian. Jenis penelitian ini pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Matkalian hasil validasi oleh ahli media memperoleh 97% dengan kategori sangat layak sedangkan hasil validasi oleh ahli materi memperoleh 92% dengan kategori layak. Sehingga media Makalian dinyatakan valid dengan rata-rata yang diperoleh 95% dengan kategori sangat layak. Hasil dari angket respon guru memperoleh 100% dengan kriteria sangat layak digunakan. Sedangkan hasil angket respon siswa memperoleh 98,4% dengan kriteria sangat layak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Handayani, N. F., & Mahrita, M. (2021). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2).
Jalinus, Nizwardi. Ambiyar. 2016. Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Mardati, Asih. Sukma, Hanum Hanifa. Martaningsih, Sri Tutur. Maryani, Ika. Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. Yogyakarta: UAD Press.
Pribadi, Benny A. 2017. Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Balebat Dedikasi Prima.
Romadhoni. R. R (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Stik Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Siswa Kelas II MI Al-Ikhsan Turen Kabupaten Malang. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v3i2.20680
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Akbar Maldini Adama, Veryliana Purnamasari, Husni Wakhyudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Siti Patonah, M.Pd.
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]