PERAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS 5 SD NEGERI TUNGGU KABUPATEN GROBOGAN

Dewi Muarifatul Afifah, Ferina Agustini, Ervina Eka Subekti

Abstract


Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah pentingnya peran orang tua dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana peran orang tua dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila siswa kelas 5 SD Negeri Tunggu Kabupaten Grobogan?. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila siswa kelas 5 SD Negeri Tunggu Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini bertempat di SD Negeri Tunggu Kabupaten Grobogan. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi, angket orang tua siswa kelas 5, wawancara guru kelas 5, wawancara orang tua siswa kelas 5, dan dokumentasi. Peran orang tua di SD Negeri Tunggu Kabupaten Grobogan sudah baik, dibuktikan dengan orang tua sudah menjalankan perannya sebagai pengasuh dan pendidik, pembimbing, motivator, dan fasilitator. Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa peran orang tua sangat penting dalam pelaksanaan berbagai kegiatan anak di sekolah, terutama dalam hal ini adalah pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah. Orang tua menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah.


Keywords


Peran, Orang Tua, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Edumaspul, 975.

Asiati, S. U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 62.

Hanifah, N. T. (2023). Peran Orang tua dalam Penerapan P5 Kurikulum

Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai , 28787.

Lubis, Z. E. (2021). Pendidikan Keluarga sebagai Basis Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian kepada Masyarakat, 92-93.

Lutfiatussalmah, S. M. (2023). Analisis Penerapan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Siswa Kelas IV di SD Negeri Kalicari 02 Semarang. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 425.

Maryani, K. T. (2023). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 610.

Mery, M. S. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 7848.

Nahdiyah, U. I. (2022). Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Ditinjau Dari Konsep Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Dasar (DIKDAS), 2.

Sa’idah, A. H. (2023). Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Aspek Beriman Dan Berakhlak Mulia Kelas 1 SD Supriyadi Semarang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4567.

Wartoyo, F. X. (2022). Menakar Korelatifitas Merdeka Belajar Dengan Sistem Pendidikan Nasional UndangUndang Nomor 20 Tahun 2003 dan Pancasila. Jurnal Kajian dan Penelitian Hukum, 141-142.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 2898.




DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v3i2.20691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dewi Muarifatul Afifah, Ferina Agustini, Ervina Eka Subekti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik 

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Siti Patonah, M.Pd.    
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]