Fasilitasi Terapi bagi Orang Tua Penyandang Disabilitas di Kota Malang

Sri Wahyuni, Maria Vianti Desa, Klemensia Nini

Abstract


Memiliki anak yang menyandang disabilitas bukanlah perkara mudah untuk menjalaninya. Berbagai tantangan akan dihadapi oleh orang tua dalam pengasuhan dikarenakan orang tua adalah pengasuh utama dari anak mereka. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk melatih orang tua agar bisa menangani anaknya sendiri di rumah juga bisa menjadi tenaga sukarela di posko terapi yang mereka miliki di setiap kecamatan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan metode pelatihan selama 4 hari dengan 4 materi yaitu penanganan disabilitas tunarungu wicara, tunanetra, autis dan cerebral palsy. Keempat materi ini sengaja dipilih karena sesuai kebutuhan yaitu dari penyandang disabilitas yang ada keempat kasus ini yang paling banyak .Adapun hasil yang didapat adalah dari hasil pre-test dan post-test yang diberikan baik itu dari materi tunarungu wicara dari pretest dengan rata-rata sebesar 57% ke post-test dengan rata-rata sebesar 86,3%, materi tunanetra dari rata-rata pretest sebesar 42% ke post-test dengan rata-rata sebesar 87,6% materi autis rata-rata pre-test sebesar 58,7% dan rata-rata post-test sebesar 87,6%, materi cerebral palsy rata-rata pretest sebesar 22% ke post-test dengan rata-rata sebesar 88%. Dari hasil ini menunjukkan bahwa orang tua mengikuti dengan baik dan dalam evaluasi akhir semua peserta menginginkan untuk dimonitoring setelah pelatihan.

Keywords


fasilitasi terapi; orangtua; penyandang disabilitas

Full Text:

PDF

References


Desa, M. V. (2023). Bahan Ajar Mata Kuliah Pastoral Tunarungu Wicara. STP IPI Malang.

Hairina, Y. (2016). Prophetic Parenting Sebagai model Pengasuhan Dalam Pembentukan Karakter (RAkhlak) Anak. Studia Insania, 4 no.1, 79–94. https://doi.org/https://doi.org/10.18592/jsi.v4i1.1115

Kuswanto, I. M. A. dan D. (2019). Pengembangan Desain Treadmill Sebagai Alat Latihan Berjalan Pada Cerebral palsy dengan Memanfaatkan Realitas Virtual. SAINS DAN SENI ITS V, 8, 67–71. file:///C:/Users/USER/Downloads/41828-84170-1-PB.pdf

Latuconsina, Z. (2014). Afirmasi Kebijakan Pemerintah dalam Fasilitasi Kerja bagi Penyandang Disabilitas. Pandecta, i9, 203–211. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/pandecta/article/view/3445/3316

Malang, B. P. S. K. (2020). Jumlah Penyandang Disabilitas Menurut Kecamatan dan Jenis Disabilitas di Kota Malang (Jiwa), 2019-2020. https://malangkota.bps.go.id/

Muliasari, L. A. (2021). Analisis kebutuhan dan perilaku ABK tuna rungu dan wicara dalam pembelajaran matematika dasar di SKh Kabupaten Pandeglang. Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Pendidikan Matematika, Vo.7 no.1, 9–22. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2145

Muryantinah Mulyo Handayani dan, D. S. D. (2017). Psyicological Well Being Pada Siswa Tunanetra. Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 6, 12–23. https://journal.unair.ac.id/JPPP@psychological-well-being-pada-siswa-tunanetra-article-12313-media-53-category-10.html

Nurfadhillah, S. (2021). Analisis Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) Di Sekolah Inklusi Sdn Cipondoh 3 Kota. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2, 460–465. file:///C:/Users/USER/Downloads/1548-Article Text-3568-1-10-20211122.pdf

Rahmawati1, A., Juhaeni, S. A., Ayu, Kinasih, & Sybayani, N. (2019). Pengelolaan Kelas Terhadap Siswa Tuna Rungu-Wicara di Kelompok A1 PGRA Mamba’ul Hisan. JECED, 1, 98–103. http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JCED

Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam pengasuhan anak. Konseling Religi, 6 no.15, 1–18. https://doi.org/:http://dx.doi.org/10.21043/kr.v6i1.1037.

Santoso, M. B. (2017). Pergeseran Paradigma Dalam Disabilitas. INTERMESTIC, 1 NO.2, 166–176. https://intermestic.unpad.ac.id/index.php/intermestic/article/view/29/18

Sri Wahyuni, B. S. J. (2022). Model-Model Penerimaan Orang Tua dari Penyandang Disabilitas di Kota Malang. Ilmu-Ilmu Sosial Undhiksa, 8 no.2. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jiis.v8i2.51884




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i3.18356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.