Analisis Epistemology Belief Guru SMP Terhadap Matematika yang Berjenis Kelamin Perempuan dan Memiliki Pengalaman Mengajar Lebih Dari 15 Tahun

Yeni Eka Sari, Sugiyanti Sugiyanti, Muhtarom Muhtarom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keyakinan epistemologiguru SMP matematikaditinjau dari pengalaman mengajar dan jenis kelamin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah empat guru SMPdi Kota dan Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan metodewawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi dengan membandingkan data hasil wawancara pertama dan wawancara kedua yang diperoleh di waktu yang berbeda. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kerangka analisis dikembangkan oleh peneliti berdasarkan sub-fokus sifat matematika dan bagaimana kita yakin apa yang kita ketahuimenurut Xenofontosdan keyakinan epistemologimenurut ahli. Hasil dari penelitian ini adalah keyakinan epistemologi guru SMP berjenis kelamin perempuan yang memiliki pengalaman mengajar lebih dari 15 tahun yaitu matematika adalah bahasa universal yang melandasi semua ilmu pengetahuan, bukan sesuatu yang baru melainkan ditemukan kembali. Hal tersebut sesuai dengan keyakinan bahwa ilmu matematika ditemukan karena sudah ada sejak dulu (jaman purba) dan sudah dipergunakan,hanya diterjemahkan di jaman modern.

Keywords


keyakinan; epistemologi; matematika; pengalaman mengajar; jenis kelamin.

Full Text:

PDF

References


Chapman, Olive. (2008). Self-Study in Mathematics Teacher Education. (Online), (www.unige.ch/math/EndMath/Rome2008/All/Papers/CHAPMAN.pdf), diakses 5 Oktober 2018.

Chrysostomou, M., & Philippou, G. (2010). Teachers’ Epistemological Beliefs and Efficacy Beliefs about Mathematics, 9(2010): 1509–1515. Nicosia: In Procedia Social and Behavioral Sciences.

Hayati. (2017). Identifikasi Gaya Belajar Berdasarkan Gender dan Hubungan dengan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII Se-kecamatan Tanjung Karang Barat Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016 [skripsi]. Bandar Lampung (ID): Universitas Lampung.

Huling, Milton David. (2014). The Effect of Teachers' Epistemological Beliefs on Practice. (Online), Graduate Theses and Dissertations, (http://scholarcommons.usf.edu/etd/5044), diakses 19 September 2018.

Kristiana, Dina. 2010. Pengaruh Pengalaman Mengajar dan Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi IPS Ekonomi Kelas VIII di SMP Negeri 1 Jatiroto Tahun Ajaran 2009/2010 [skripsi]. Surakarta (ID). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurbaeti, Rizki Umi. (2011). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar di Daerah Binaan IV Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang [skripsi]. Semarang (ID): Univeritas Negeri Semarang.

Rahmawati, dkk. 2015. Pengaruh Pelatihan, Pengalaman Mengajar dan Kompensasi terhadap Profesionalisme Guru di SMK Negeri 3 Palu, 3: 67-75. Tadulako: e-Jurnal Katalogis.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Widjajanti, Djamilah Bondan. (2009). Mengembangkan Keyakinan (Belief) Siswa Terhadap Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Makalah. Dalam: KNPM3 Universitas Negeri Yogyakarta.

Xenofontos, Constantinos. (2017). Greek-Cypriot Elementary Teachers’ Epistemological Beliefs About Mathematics, 70(2018): 47-57. Nicosia: Teaching and Teacher Education.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.