Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Matematika dalam Kesiapan Mengajar

Muh. Gilang Wahyu Santosa, Widya Kusumaningsih, Dhian Endahwuri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kemampuan Pedagogical Content Knowledgecalon guru matematika dalam kesiapan mengajar. PCK sangat penting untuk evaluasi calon guru matematika.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah mahasiswa calon guru matematika yang terdiri dari 2 orang, sedang melakukan magang 3, mempunyai IPK diatas 3.00. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa matematika dengan IPK 3.40 mempunyai profil Pedagogical Content Knowledgedalam kesiapan mengajar yang lebih baik dari mahasiswa matematika dengan IPK 3.35.

Keywords


Pedagogical Content Knowledge; Kesiapan Mengajar; Mahasiswa Matematika

Full Text:

PDF

References


Hamidah, D., Nuryani, Y. R., & Made, A. M. (2011). Pengembangan profesional guru biologis SMA melalui penerapan pedagogical content knowledge (PCK) pada materi genetika. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 113-129

Loughran, J., Berry, A., & Mulhall, P. (2012). Understanding and Developing Science Teacher’s Pedagogical Content Knowledge. Professional Learning vol 12.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 Standart Nasional Pendidikan. Jakarta

Purwaningsih, W., Rustaman, N. Y., & Redjeki, S. (2010). Pengetahuan Konten pedagogic(PCK) dan Urgensinya Dalam Pendidikan guru. Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 15, Nomor 2, 87-94.

Shulman, L. S. (1986). Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching. Educational Researchervol 15 No 2.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.