Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Geogebra untuk Menumbuhkan Literasi Numerasi Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. UNKHAIR: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9 (02) , 237–247
Mulyantara, Albert. (2023). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Artikel UNILA : http://repository.lppm.unila.ac.id/
Chairunnisa, C. (2018). Pengaruh Literasi Membaca Dengan Pemahaman Bacaan (Penelitian Survei Pada Mahasiswa Stkip Kusumanegara Jakarta). Jurnal : Tuturan, 6(1), 745.
Dantes, Nyoman,dkk. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah dan Literasi Numerasi Melalui Model Blended Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha
Dafit, F., Mustika, D., & Melihayatri, N. (2020). Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa. Jurnal : Basicedu, 4(1), 117–130.
Dikovic, L. (2009). Implementing Dynamic Mathematics Resources with Geogebra at the College Level. Jurnal : iJET 4(3).
Fitriani, Talisadika S & Maifa, Hendrika Bete. (2019). Pemanfaatan Software Geogebra dalam Pembelaharan Matematika. Universitas Timor: Jurnal : Pengabdian Masyarakat, vol.2 No.4
Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal : Basicedu, 4(4), 1004–1015.
Hiedayat, S. W. dan Sulistyowati. (2010). Pengembangan Komputer Pembelajaran (CAI) tentang Gerak Lurus Berubah Beraturan pada Mata Pelajaran Fisika bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Surabaya. Jurnal : Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya 10 (1): 86-99.
Kemdikbudristek. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Jakarta : Direktorat Sekolah Dasar. hal.4
Kristanto, A. (2010). Pengembangan Media Komputer Pembelajaran Multimedia Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Sistem Tata Surya bagi Siswa Kelas 2 Semester I di SMAN 22 Surabaya. Jurnal : Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya 10 (2): 12- 25.
Kristanto, Andi. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya : Bintang Surabaya Anggota IKAPI Daerah Jawa Timur No. 011/JTI/95
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88.
Malonda, Nusyahfitri., Taulia Damayanti. (2023). Systematics Literatur Review: Penggunaan Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Artikel : https://www.researchgate.net/publication/373545649
Nandi. (2006). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Geografi di Persekolahan. UPI: Jurnal Geografi Vol 6, No 2
Novitasari, Dian. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Matematika Fibonacci Vol. 2 No.2
Perdana, Ryzal & Suswandari, Meidawati. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Universitas Lampung : Mathematics Education Journal 9 Vol. 3., No. 1, Mei 2021, pp. 9-15
Purnamasari et al .(2020). Digital literacy for children based on steam in family education . Journal ICETECH Phys.: Conf. Ser. 1464 012032
Purwati, S. (2017). Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai Untuk Mningkatkan Hasil Belajar Membaca Dan Menghafal Surah Pendek. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(4), 663–670.
Pratiwi, W. & Kurniawan, R.Y. (2013). Penerapan media Komik Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Jurnal : Penelitian Pendidikan. (diunduh pada tanggal 11 November 2014)
Rumainur. (2016). Pengembangan Media Ajar berbasis multimedia Autoplay Studio 8 Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI MA Bilingual Batu Malang. Malang : Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maula Malik Ibrahim.
Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 2, No.1, 2019, hal. 470 - 477
Saputro, Bagus Ardi, Prayito, M., dan Nursyahidah, Farida. (2015). Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif: Media Pembelajaran Geometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis GeoGebra. Kreano 6 (1), hlm33-38
Siswanto, D.H., Kanako Tanikawa, et all. (2024). A Systematic Review: Use of GeoGebra in Mathematics Learning at Junior High School in Indonesia and Japan. Jurnal : Pendidikan Matematika (Kudus) Volume 7, Number 1, June 2024, pp. 1-20
Suciati, Indah., Wahyuni H.M, Hajerina. (2022). Implementasi Geogebra Terhadap Kemampuan Matematis Peserta Didik Dalam Pembelajaran : A SystematicLiterature Review. Jurnal : Teorema, Teori dan Riset Matematika, 7(1), 27-42, Maret 2022
Suhaifi, Ahmad., Rufi’i, Hari Karyono. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal : Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 8, No. 2
Suswandari, M. (2018). Membangun budaya literasi bagi suplemen pendidikan di indonesia. Jurnal : Dikdas Bantara, 1(1), 20–32
Sudihartinih, E. and Purniati, E. (2019). Using Geogebra to develop students understanding on circle concept. J. Phys.: Conf. Ser. 1157 042090, 1-7.
Sudihartinih, Eyus & Wahyudin. (2019). Pembelajaran Berbasis Digital : Studi pPenggunaan Geogebra Berbantuan E-Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. UPI : Jurnal Tatsqif Volume 17, No. 1, Juni 2019.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Cetakan 17.
Taufik Alam Huda. (2015). Pengembangan E-Komik Sebagai Media Pembelajaran IPA Materi Gaya untuk Siswa SD Kelas IV. Semarang : Universitas PGRI Semarang.
Wulandari, Eka., Intan A.P., Yoni N. (2022). Multimedia Interaktif Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Kajian Teori dan Hasil Pendidikan Dasar Volume 1 Nomor 2 2022 Hal. 109-115
DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v18i2.20798
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:
Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.