Profil Kesadaran Belajar Mahasiswa Berkemampuan Pemecahan Masalah Tinggi Pada Matakulian Analisis

Ida Dwijayanti, R E Utami, M A Budiman

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memberikan gambaran tentang kesadaran
belajar mahasiswa Universitas PGRI Semarang ditinjau dari kemampuan pemecahan
masalah yang dimiliki. Subjek ialah mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas PGRI
Semarang yang telah mengambil matakuliah Kalkulus 1. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode tes dan wawancara mendalam.  Metode analisis data menggunakan
metode deskriprif kualitatif. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan kriteria
kepercayaan (kreadibility) dengan teknik triangulasi metode. Hasil validitas data
menggunakan triangulasi waktu diperoleh kesimpulan bahwa subyek mampu menunjukan 7
fungsi kesadaran, yaitu: Konteks-setting, Adaptasi & pembelajaran, Prioritisasi & fungsi
akses, Rekrutmen & control, Pengambilan keputusan & eksekutif, Deteksi & penyuntingan
kekeliruan, serta Monitor-diri (self-monitoring). Penelitian ini hanya fokus pada kesadaran
belajar mahasiswa dalam pemecahan masalah, untuk itu diperlukan kajian lebih dalam lagi
mengenai kesadaran belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran baik di dalam kelas
maupun di luar kelas.

Kata Kunci : Kesadaran Belajar, Mahasiswa, Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v11i1.2600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:

  

         

Creative Commons License

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.