MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS INTERAKTIF MENGGUNAKAN FLASCARD BERBASIS PANCASILA SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA

Tri Arie Bowo, Budiati Budiati

Abstract


Materi pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah Dasar berorientasi pada ilmu pengetahuan tanpa memasukkan nilai-nilai Pancasila. Tujuan yang ingin dicapai oleh penelitian ini adalah memberikan solusi model pembelajaran bahasa Inggris tingkat Sekolah Dasar yang berbasis Pancasila, memberikan alternatif baru pembelajaran bahasa Inggris interaktif yang berbasis Pancasila dan membangun karakter bangsa yang bernafaskan Pancasila ditengah globalisasi yang tidak terhindarkan. Penelitian ini berkontribusi untuk menggabungkan antara nilai-nilai Pancasila sebagai identitas bangsa Indonesia dengan bahasa Inggris sebagai bahasa global. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif berupa survey, wawancara dan observasi, serta proses pengembangan flashcard yang dirancang dengan desain penelitian Research and Development. Berdasarkan hasil angket yang telah disebarkan, responden sepakat apabila mata pelajaran Bahasa Inggris memuat nilai-nilai Pancasila dalam materinya. Integrasi antara Bahasa Inggris dengan nilai-nilai Pancasila adalah dengan media flashcard (kartu bergambar). Unit-unit dalam flashcard dirancang berdasarkan sila-sila dalam Pancasila. Unit Religiosity (sila 1) terdiri dari Mosque, Pray, Church, Priest, dan Monk. Unit humanity (sila 2) terdiri dari Family, Human, Help, Respect, dan Care. Unit Unity (sila 3) terdiri dari Flag, Culture, Country, Island, dan Uniform. Unit Democracy (sila 4) terdiri dari Village, City, Election, President, dan Citizen. Unit Equality (sila 5) terdiri dari Law, Police, Reward, Rich, dan Justice. Diseminasi diperlukan guna menyempurnakan Flashcard berbasis Pancasila.

 

Kata kunci: Flashcard, Pancasila, Pembentukan Karakter

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v11i2.3362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:

  

         

Creative Commons License

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.