PENINGKATAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY BERBASIS STUDI KEILMUAN SEJARAH DAN BUDAYA BATIK LOKAL LASEM PADA MATERI AKULTURASI BUDAYA BAGI SISWA KELAS X MIA 7 SMA NEGERI 1 REMBANG1

Dwi Hastuti

Abstract


Student?óÔé¼Ôäós interest in history learning in X MIA 7 SMA Negeri 1 Rembang has been not optimal yet. This research aims to explain the application of discovery-inquiry learning model based on the historical studies and batik local Lasem culture on culture acculturation matter as an effort to increase student?óÔé¼Ôäós interest in historical learning. This research is a classroom action research which consist of two cycles. Each cycle was done through planning, acting, observing and reflecting. Student?óÔé¼Ôäós interest in historical learning variable consist of four indicators are attention, relevance, confidence and satisfaction indicators. Attention indicator data got by observing technique and relevance, confidence and satisfaction data got by quesionaire technique.The student?óÔé¼Ôäós interest in historical learning score in cycle I was 149 (37%). After he first cycle of action, the achievement score of student?óÔé¼Ôäós interest on historical learning was 224 (62%). In cycle 1 it was found out that the achievemnat score of some indicators not good. Then the researcher did the same thing as in cycle I. The achievement score of student?óÔé¼Ôäós interest was 291 (73%). With this learning model, student?óÔé¼Ôäós attention, relevance, confidence, and satisfaction toward learning could be increased. Therefore, discovery-inquiry learning based on historical studies and batik local Lasem culture can be used as one alternative of learning model to be applied in historical learning for increasing the student?óÔé¼Ôäós interest on historical learning.
Key words: Batik local Lasem culture; Student?óÔé¼Ôäós interest on historical learning; discovery
inquiry learning model; historical studies
Abstrak
Minat belajar sejarah siswa kelas X MIA 7 SMA Negeri 1 Rembang, tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran discovery-inquiry berbasis studi keilmuan sejarah dan budaya batik lokal Lasem pada materi akulturasi budaya bagi siswa sebagai upaya meningkatkan minat belajar sejarah siswa. Penelitian ini merupakan class action research yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi langkah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel minat belajar sejarah siswa terdiri dari empat indikator yaitu indikator perhatian, relevansi, keyakinan dan kepuasan. Indikator perhatian diperoleh dengan teknik pengamatan, sedangkan indikator relevansi, keyakinan dan kepuasan diperoleh dengan teknik kuesioner. Perolehan skor minat belajar sejarah siswa pada prasiklus mencapai skor 149 (37%). Setelah tindakan siklus I, pencapaian skor minat belajar sejarah siswa adalah 224 (62%). Hasil siklus I menunjukkan pencapaian skor yang tidak
1 Hasil Penelitian Tahun 2013
2 Guru SMA Negeri 1 Rembang
bagus di beberapa subindikator. Kemudian peneliti melakukan tindakan pada siklus II seperti siklus I. Pencapaian skor minat belajar sejarah siswa mencapai 291 (73%). Dengan model pembelajaran ini perhatian, relevansi, keyakinan dan kepuasan siswa terhadap pembelajaran mengalami peningkatan.Oleh karena itu, model pembelajaran discovert-inquiry berbasis studi keilmuan sejarah dan budaya batik lokal Lasem pada materi akulturasi budaya dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada mata pelajaran sejarah untuk meningkatkan minat belajar sejarah siswa.
Kata kunci: Batik lokal Lasem; Minat belajar sejarah; Model pembelajaran discovery
inquiry; Studi keilmuan sejarah

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v8i1%20juni.687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:

  

         

Creative Commons License

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.