PENGARUH MOTIVASI, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENULISAN BAHAN AJAR TERHADAP KINERJA DOSEN
Abstract
Abstrak
Untuk menunjang proses pembangunan diberbagai bidang dewasa ini seiring dengan kemajuannya yang sangat pesat maka kita dituntut untuk lebih mengembangkan segala sumber daya khususnya sumber daya manusia. Di dalam GBHN telah ditetapkan bahwa pemerintah bertekad untuk meningkatkan kualitas pendidikan , mulai dari pendidikan tingkat dasar sampai dengan pendidikan tinggi. Salah satu komponen penting yang menentukan kualitas pendidikan tinggi dan mendapat perhatian yang sangat besar oleh Menristekdikti adalah dosen, karena dosen adalah subjek terpenting yang menentukan mutu proses pembelajaran di perguruan tinggi, dan pada gilirannya merekalah yang dapat menentukan kualitas lulusan yang dihasilkan. Di tingkat pendidikan tinggi upaya untuk meningkatkan kualitas proses dan manajemen pendidikan serta kualitas output pendidikan itu sendiri telah dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu masalah utama yang dihadapi dunia pendidikan tinggi adalah masalah peningkatan kualitas dosen perguruan tinggi swasta pada khususnya dan perguruan tinggi perguruan tinggi di Indonesia pada umumnya. Untuk meningkatkan kualitas dosen salah satunya ditentukan oleh kemampuan mereka didalam mengajar. Di perguruan tinggi, mengajar merupakan pekerjaan profesional yang membutuhkan pendidikan dan pelatihan khusus. Oleh karena itu seorang dosen perlu menguasai berbagai kemampuan, baik kemampuan di bidang ilmu maupun kemampuan mengajar. Semua kemampuan tersebut perlu diintegrasikan menjadi suatu wawasan yang utuh ketika seorang dosen mengajar didepan kelas.
Abstract
To support the development process in various fields today along with its very rapid progress, we are required to further develop all resources, especially human resources. In the GBHN it has been determined that the government is determined to improve the quality of education, starting from primary level education to higher education. One important component that determines the quality of higher education and receives very high attention by Menristekdikti is lecturers, because lecturers are the most important subjects that determine the quality of the learning process in higher education, and in turn they are able to determine the quality of graduates produced. At the tertiary level, efforts to improve the quality of the process and management of education and the quality of the output of education itself have been carried out in various ways. One of the main problems facing the world of higher education is the problem of improving the quality of lecturers of private tertiary institutions in particular and tertiary tertiary institutions in Indonesia in general. To improve the quality of lecturers, one of which is determined by their ability to teach. In college, teaching is a professional job that requires special education and training. Therefore, a lecturer needs to master a variety of abilities, both abilities in the field of science and teaching ability. All of these abilities need to be integrated into a complete insight when a lecturer teaches in front of the class.
Full Text:
PDFReferences
Dharma, Agus, 1997 : Manajemen PrestasiKerja.Jakarta:Rajawali.
Gomes, Faustino Cardoso, 2001: Manajemen Sumber Daya Manusia.
Yogyakarta : Andi Offset.
Dessler, Gary, 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jilid I. Jakarta : PT.Gramedia.
Simamora, Henry, Ir, 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi III. Yogyakarta : Bagian Penerbitan STIE YKPN.
Bernandin, H john dan Joyce E.A Russel,1993. Human Resource Management . Singapore : Mac Graw-Hill, Inc.
Mangkuprawira, dkk, 2002. Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Andi Offset.
S. Schuler, Randal dan Susan E. Jackson, 1999.Manajemen Sumber Daya Manusia Menghadapi Abad ke-21, Jilid 1 & 2. Jakarta : Erlangga.
Samsudin, Sadili, 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : CV.Pustaka Setia.
Siagian, Sondang P, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.
Sutaryadi & Sri Wahyuni, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Solo: UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS (UNS Press).
DOI: https://doi.org/10.26877/sta.v2i2.5155
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.