Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil kemampuan penalaran matematis siswa saat menyelesaikan soal matematika pada materi program linear ditinjau dari tipe kepribadian extrovert. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Para siswa kelas XI MIPA 5 berpartisipasi dalam penelitian ini. Ada dua siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini. Angket kepribadian, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa bertipe kepribadian extrovert hanya memenuhi tiga indikator kemampuan penalaran matematis yaitu menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar dan grafik, melakukan manipulasi matematika, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmawan, I. (2008). Kiat Jitu Taklukan Psikotes. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Dwijayanti, I., Utami, R. E., & Nugroho, A. A. (2021). Peningkatan Kemampuan TPACK Calon Guru: Analisis Kemungkinan Kesalahan Pemahaman Konsep Aljabar Serta Strategi Pencegahannya. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2283–2290.
Hidayat, D. R. (2015). Psikologi Kepribadian Dalam Konseling. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jannah, L. R. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Siswa Dibedakan Dari Tipe Kepribadian. In Skripsi.UIN Sunan Ampel Surabaya.
Kariadinata, R. (2012). Menumbuhkan Daya Nalar ( Power of Reason ) Siswa Melalui Pembelajaran Analogi Matematika. Infinity Journal, 1(1), 10.
Khusna, A. A., Utami, R. E., & Nursyahidah, F. (2021). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Tipe HOTS Ditinjau dari Gaya Kognitif di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 77–94.
Naimah, N. H., Prasetyowati, D., & Rahmawati, N. D. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi SPLTV Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extravert dan Introvert. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(4), 329–339.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA.
Oktaviana, V., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial. Maju, 8(1), 377–385.
Oktaviani, I. A., Ariyanto, L., & Utami, R. E. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 485–491.
Purwosetiyono, F. X. D., Budiyanti, M. R. P., Utami, R. E., & Buchori, A. (2022). Kemampuan Penalaran Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika pada Siswa Tipe Adversity Quotient (AQ). Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya., 3(1).
Qomariyah, N. (2016). Profil Pemahaman Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat ditinjau Dari Perbedaan Kepribadian Extrovert Dan Introvert. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1), 87–95.
Rahayu, Y. M., & Fauziah, A. N. M. (2017). Kemampuan Penalaran Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Ditinjau Dari Kepribadian Introvert Dan Extrovert Pada Materi Kalor. E-Journal Unesa, 05(02), 138–146.
Rasiman, Prasetyowati, D., & Kartinah. (2020). Development of Learning Videos for Junior High School Math Subject to Enhance Mathematical Reasoning. International Journal of Education and Practice, 8(1), 18–25.
Rosaliana, D., Muhtadi, D., & Setiawati, T. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Program Linear. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 127–134. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1119
Rumita, W. M., Kusumaningsih, W., & Zuhri, M. S. (2021). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(3), 215–222.
Susanti, R. D., & Setianingsih, R. (2014). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrover-Introver. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 173–180.
Zuniana, E. R., & Rahaju, E. B. (2019). Pemecahan Masalah Aljabar Siswa SMP Ditinjau dari Tipe Kepribadian. MATHEdunesa : Journal of Educational Mathematics, 8(2), 342–349
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i4.15770
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.