Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP

Siti Kholifah, Rasiman Rasiman, Widya Kusumaningsih

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini karena dalam proses pembelajaran matematika di sekolah khususnya SMP belum memenuhi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan terhadap hasil belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media video pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional yang ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jaken pada bulan Juli-Agustus 2023. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII B yang dipilih menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode tes, dokumentasi dan observasi. Data yang digunakan untuk evaluasi siswa berupa soal tes uraian. Analisis data yang digunakan menggunakan independent sample t-test dan one sample t-test. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan Independent sample t-test terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari analisis dari presentase ketuntasan belajar klasikal siswa kelas eksperimen didapatkan 86,207%. Sehingga dapat dikatakan bahwa siswa kelas eksperimen tuntas dalam belajar. Dari perhitungan keaktifan siswa menggunakan one sample t-test didapatkan hasil keaktifan siswa kelas eksperimen mencapai . Kesimpulan dari penelitian ini adalah model problem based learning berbantuan media video pembelajaran efektif diterapkan di dalam kelas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa daripada penggunaan model pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: efektivitas, PBL, berpikir kritis, video pembelajaran.

Keywords


efektivitas, PBL, berpikir kritis, video pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Achdiyat, M., & Lestari, K. D. (2016). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 50–61. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.752

Adhar, E. L. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10. http://jurnal.upi.edu/file/Leo_Adhar.pdf

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019

Budiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Dhanieargo, Aszhar Annas. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kaliori.

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Self-Confidence Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Sma Di Bogor Timur. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 157–168. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2040

Hidayat, F., dkk. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematik Serta Kemandiriaan Belajar Siswa Smp Terhadap Materi Spldv. Journal on Education, 1(2), 515–523. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/106

Fitriah, Ida Sirotul. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Contextual Theaching and Learning (CTL) Menggunakan CD Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi: Universitas PGRI Semarang.

Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811

Kusuma Dewi, Y. E., , S., & Pratama, F. W. (2019). Profil Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 85. https://doi.org/10.26714/jkpm.6.1.2019.85-98

Izzah, Litfia Maghfirotul. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pucakwangi. Skripsi. Universitas PGRI Semarang.

Muhammad Darwis, J. H. U. (2015). Efektivitas Penerapan Model Berbasis Masalah Setting Kooperatif Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas X Sma Negeri 11 Makassar. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 30. https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1314

Munawaroh, L., Pantiwati, Y., & Rofieq, A. (2016). Penggunaan Jurnal Belajar Dalam Pembelajaran Class Wide Peer Tutoring Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1(3), 263–273. https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i3.2659




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i2.16701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.
slot gacor slot