Eksplorasi Etnomatematika Gerak dan Pola Lantai Tari Kreasi Baru Topeng Ayu

Arlinda Faradhita, Lukman Harun, Aurora Nur Aini

Abstract


Budaya merupakan cara hidup yang berkembang dari sekelompok orang kemudian diturunkan ke generasi penerusnya. Pembelajaran matematika yang diberikan kepada siswa memiliki tujuan untuk membentuk pola pikir siswa agar dapat menghadapi perubahan globalisasi. Matematika selalu berhubungan dengan bilangan dan tentang penalaran logik. Pembelajaran saat ini bukan berpusat pada siswa, tetapi guru memiliki peran yang dominan sehingga mengakibatkan siswa kesulitan dalam memahami dan mengikuti pembelajaran matematika. Dari permasalahan tersebut, budaya dan matematika berhubungan dengan kehidupan sehari-hari yang disebut etnomatematika. Etnomatematika merupakan aspek budaya yang ada pada matematika dan di dalam prosesnya terdapat studi-studi seperti studi komparatif antara kelompok budaya yang ada. Fokus penelitian ini bertujuan untuk membatasi penelitian studi kualitatif guna memilih data yang relevan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui unsur matematika yang ada pada gerak dan pola lantai tari dan untuk mengetahui konsep etnomatematika.


Keywords


budaya; matematika; etnomatematika; tari

Full Text:

PDF

References


Akdon & Riduwan. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Cet. 2. Bandung: Alfabeta.

Ascher, M. & Ascher, R. (1997). Ethnomathematics: Challenging Eurocentrism in Mathematics Education. NY: State University of New York Press.

Barton, B. (1996). Ethnomathematics: Exploring Cultural Diversity in Mathematics. American Ethnologist, 21(4), 922–923. http://doi.wiley.com/10.1525/ae.1994.21.4.02a00380

Bungin, B. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif edisi kedua, Jakarta: Kencana.

Desmawati, R. (2018). Eksplorasi Etnomatematika Pada Gerak Tari Tradisional Sigeh Pengunten Lampung. Skripsi. Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Destrianti, S. (2019). Etnomatematika dalam Seni Tari Kejei Sebagai Kebudayaan Rejang Lebong. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 116. https://doi.org/10.29300/equation.v2i2.2316

Dhiki, Y. Y., & Bantas, M. G. D. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Sebagai Sumber Belajar Matematika Di Kabupaten Ende. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2698. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4254

Febrian. (2016). Recognizing ethnomathematics in wau kite and corak-ragi of tenunmelayu from kepulauan riau province and using its potentials towards learning of school mathematics. Proceedings of the 2nd SULE – IC 2016, FKIP, Unsri, Palembang, 337–358.

Fitriani, L. D. (2022). Eksplorasi Etnomatematika dalam Tarian Bimbang Gedang pada Masyarakat di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(2), 147–158. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i2.4696

Gerdes, P. (1998). On culture and mathematics teacher education. Journal of Mathematics Teacher Education, 1, 33–53.

Hadi, S. (2016). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi [Examination of the Validity of Qualitative Research Data on Thesis]. Ilmu Pendidikan, 22(1), 21–22.

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika : Aplikasi Bangun Datar. Aksioma, 8(2), 99–110.

Hasan, M. A., & Budiarto, M. T. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Budaya Masyarakat Sidoarjo. MATHEdunesa, 11(2), 562–573. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p562-573

Huda, M. (2018). Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematis siswa MAN Babat melalui strategi pembelajaran eksploratif. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 114–123.

Indrawati, W. S. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan Untuk Guru SD. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA), 45.

Julita, Dini Fajar. (2014). Penerapan Metode Field Trip pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas pada Siswa Kelas V SDN Cisalasih. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

KBBI, 2023. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online, diakses pada 20 September 2023]. https://kbbi.kemdikbud.go.id/.

Kottak, C. P. (1994). Cultural Anthropology. Edisi ke-6. New York: McGraw Hill

Kurniasih, R. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Fase Belajar Model Van Hiele Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 2(2), 61. https://doi.org/10.24269/js.v2i2.626

Kusmayanti, Vera dkk. (2020). Modul Pembelajaran Matematika Madrasah Tsanawiyah Garis dan Sudut. Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah.

Nurina, A. D., & Indrawati, D. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Tari Topeng Malangan Sebagai Sumber Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 09(08), 3114–3123. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/42329

Polya, G. (1985). How to solve it: A New Aspect of Mathematics Method (2nd ed.) Princeton. New Jersey: Princeton University Press.

Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas dan Realiabilitas Penelitian Ekonomi Syariah. In Staiapress (Issue December).

Rachmawati, I. N. (n.d.). PENGUMPULAN DATA DALAM PENELITIAN KUALITATIF: WAWANCARA.

Richardo, R. (2016). Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika. Literasi, 7(2), 118–125.

Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics Etnomatemática: os aspectos culturais da matemática. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2), 32–54.

Sa’adah, N., Haqiqi, A. K., & Malasari, P. N. (2021). ETNOMATEMATIKA GERAKAN TARI KRETEK KUDUS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 3(1), 58–71. https://doi.org/10.15408/ajme.v3i1.20544

Safiqullatif, M. (2021). “Kebudayaan Jawa Tengah Jantungnya Budaya”. https://www.kompasiana.com/210202/60e127d715251004e8075c02/kebudayaan-jawa-tengah-jantungnya-budaya-jawa. Diakses pada 20 September 2023.

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521

Sihombing, I. (2022). SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied Strategi Pembelajaran Berbasis Etnomatematik : Eksplorasi Kekayaan Alam Danau Toba sebagai Mata Pencaharian Masyarakat. 04(01), 106–113. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1

Sugiyono. (2001). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :

Alfabeta.

Tjahyadi, I., Wafa, H., & Zamroni, M. (2019). Buku ajar kajian budaya lokal.

TS, U., & Wiyoto, J. (2009). Kapita Selekta Pembelajaran Geometri Datar. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.

Tsanawiyah, T. P. M. P. P. G. M. (2020). Modul Pembelajaran Matematika Madrasah Tsanawiyah Garis dan Sudut. 74.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v6i3.18967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.