Implementasi Metode NHT Dengan Pendekatan PBL Terhadap Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa

Dian Qurratul Aini, Sri Hartini, Loviga Denny Pratama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penerapan metode Numbered Heads Together (NHT) yang dipadukan dengan pendekatan Problem-Based Learning (PBL) terhadap peningkatan kecerdasan emosional dan kemampuan koneksi matematis siswa. Permasalahan utama yang diangkat adalah rendahnya kemampuan peserta didik dalam mengaitkan konsep matematika dengan konteks kehidupan serta lemahnya aspek afektif, seperti pengendalian diri dan kerja sama dalam belajar. Penelitian dilakukan dengan metode tindakan kelas (PTK) berbasis pendekatan campuran, melibatkan dua siklus pembelajaran di kelas VIII SMPI Irsyadul Mubtadi’in. Teknik pengumpulan data meliputi tes koneksi matematis, angket kecerdasan emosional, observasi kelas, serta wawancara. Seluruh instrumen divalidasi dengan Aike’s V dan diuji reliabilitasnya melalui Alpha Cronbach. Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kedua indikator utama. Kemampuan koneksi matematis siswa yang mencapai batas ketuntasan meningkat dari 37,5% menjadi 62,5%, sedangkan kecerdasan emosional bergeser dari kategori sedang menjadi tinggi (36,13%). Temuan ini memperkuat argumen bahwa kombinasi NHT dan PBL mampu menciptakan suasana belajar yang mendukung penguatan kemampuan akademik dan karakter emosional siswa secara terpadu.


Keywords


strategi kooperatif; pembelajaran berbasis masalah; regulasi emosi; matematika kontekstual; interaksi siswa

Full Text:

Untitled

References


Abdullah, A., & Munawwaroh, F. (2024). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 155-162.

AZIBAH, A. (2025). PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI AUGMENTED REALITY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KECEMASAN MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS V SD (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Defi, S., & Rahmawati, E. (2024). UPAYA PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERINTEGRASI KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI TEKNIK SELF ASESMENT KELAS 3 SDN MADAENG 1 SIDOARJO. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 209-218.

Dianah, L., & Oktariza, S. (2024). 14-24. (2024). THE EFFECT OF EMOTIONAL INTELLIGENCE ON STUDENT SELF REGULATED LEARNING.

Dwi, F., & Fathoni, A. (2025). Implementasi Pembelajaran yang Akomodatif Bagi Peserta Didik: Dampak Implementasi Inklusi di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), 633-646.

Ervina, A., Suharto, Y., & Rahmawati, R. (2023). Penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X. Journal of Geographical Sciences and Education, 1(2), 64-78.

Ester, S. I., & Listiani, T. (2024). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 503-520.

Fajaruddin, S., Retnawati, H., Wijaya, T. T., Ramadhan, S., & Prihatni, Y. (2021). Alhamdulillah, butir pengembangan instrumen penilaian artikel jurnal ilmiah dikatakan valid oleh para rater. Measurement In Educational Research, 1(2), 89-96.

Fasha, E. F., & Krismayantie, N. F. (2020). (2020). MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENGATASI KECEMASAN MATEMATIKA DAN MENINGKATKAN SELF-CONCEPT MATEMATIKA SISWA:.

Fauzan, M. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Pbl, Stad dan Nht Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 400-407.

Febrianty, E. D., Herman, T., & Pauji, I. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa.

Gulo, I. (2025). PENGEMBANGAN LKPD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDN 067244 KECAMANTAN MEDAN SELAYANG TA 2024/2025 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY).

Habeahan, S. M., Panggabeahan, E. M., & Harahap, T. H. (2025). Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Membandingkan Dan Mengurutkan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(1), 211-215.

Huda, C. (2024). Paradigma Pembelajaran IPA Berbasis Proyek Berdiferensiasi: Menyukseskan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Penerbit NEM.

Jannah, L. N., & El-Yunusi, M. Y. M. (2025). Implementasi Pembelajaran Sosial Emosional pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SD Al-Ishlah Sidoarjo. Journal of Innovative and Creativity, 5(1), 247-260.

Jitu, M., Agil, A., & Gusmaneli, G. (2025). Penguatan Strategi Pembelajaran Kolaboratif dalam Pendidikan Agama Islam untuk Membentuk Kecerdasan Sosial Siswa. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 253-264.

Kenedy, J. (2024). HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN KECERDASAN EMOSI PADA MAHASISWA TINGKAT III AKADEMI KEPERAWATAN BETHESDA SERUKAM TAHUN 2023: HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN KECERDASAN EMOSI PADA MAHASISWA TINGKAT III AKADEMI KEPERAWATAN BETHESDA SERUKAM TAHUN 2023. Jurnal .

Kusuma, A., & Santosa, N. (2024). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa dengan Problem Based Learning terintegrasi Tri-N (Niteni, Nirokke, Nambahi). In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU (Vol. 3, No. 1, pp. 1784-1790).

Lestari, W. (2025). Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa SMA. Journal of Education and Pedagogical Studies, 1(1), 8-14.

Maliyana, J., & Rahayu, P. (2023). Validitas LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII SMP. Tematik: Jurnal Konten Pendidikan Matematika, 1(2), 59–67.

Nopriana, T., Tiaraningsih, A., & Karimah, N. I. . (2024). Sebuah Studi Mengenai Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Perbandingan Trigonometri Berdasarkan Tingkat Kecemasan Matematis. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 9(2), 177-192.

Pamungkas, M. D., & Ali, M. B. (2024). The Influence of the Problem Posing Learning Model on Students’ Mathematical Problem Solving Abilities in One-Variable Linear Materials. Tematik: Jurnal Konten Pendidikan Matematika, 2(2), 1–9.

Payadnya, I. P. A. A., Hermawan, I. M. S., Wedasuwari, I. A. M., & Jayantika, I. G. A. N. T. . (2022). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Deepublish.

Rahmawati, A., AR, R. A., & Muliana, A. (2022). (2022). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs.

Safutra, H., Dharma, A. S., & Berkatillah, A. (2025). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PADA SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI (STIA) AMUNTAI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. Jurnal Pelayanan Publik, 2(1), 90-99.

Simaremare, S. M., Turnip, H., & Sihite, D. M. (2025). (2025). PERAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM KEPEMIMPINAN SISWA.

Srisuk, P., Prastyo, D., & Tanod, M. J. (2024). Penerapan Model Story-Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Multidimensional dan Keterlibatan Emosional Siswa Sekolah Dasar. Bima Journal of Elementary Education, 2(2), 69-77.

Yulia, N. A., & Hendricks, W. (2024). The Effect of Problem Based Learning Model on Problem Solving Ability and Mathematical Disposition. Matematika, Tematik: Jurnal Konten Pendidikan, 2(1), 1–10.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v7i4.23213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika  telah terindeks pada:

           

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika  by  Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at  http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.