ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)

Aula Aulia Amiruddini, Supandi Supandi, Heni Purwati

Abstract


Berpikir kreatif merupakan kebiasaan seseorang menemukan cara-cara baru yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh orang lain. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas VII SMP Negeri19 Semarang pada pembelajaran berbasis Pendekatan Realistic MathematicsEducation(RME). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII D SMP Negeri 19 Semarang yang terdiri dari 3 siswa dengan rincian 1 siswa dengan tingkat kemampuan berpikir kreatif tinggi, 1 siswa dengan tingkat berpikir kreatif sedang, dang 1 siswa dengan tingkat berpikir kreatif rendah. Teknik pengumpulan data menggunakantes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan pendekatan RME berjalan dengan baik, siswa mampu berperan aktif selama proses pembelajaran. Hasil lain dari penelitian ini yaitu dua kategori berpikir kreatif indikator kelancaran tinggi dan sedang memiliki kesamaan yaitu pemahaman terhadap masalah termasuk kategori baik. 

Keywords


Berpikir kreatif; Realistic Mathematic Education (RME)

Full Text:

PDF

References


De Lange, J. (1987). Matematics,Insight, and Meaning. Utrecht: OW&Co.

Effendi, A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 13(1).

Fauzan, A., Musdi A., Afriadi J. (2018). Developing Learning Trajectory for Teaching Statistics at Junior High School Using RME Approach. Journal of Physics, Vol 1088, No 1 012040.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). HARD SKILLS dan SOFT SKILLS MATEMATIK SISWA. Bandung: PT Refika Aditama.

Ibrahim. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Sukses Off Set.

Indriani, N. (2017). Penelitian Desain Mengenai Keliling Lingkaran Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Matematika realistik pada Siswa Kelas V SD Budaya Wacana Yogyakarta. Yogyakarta [Tesis]: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Mahmudi, A. (2010). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Manado: UNIMA.

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Musfiroh, T. (tanpa tahun). Mengembangkan Kecerdasan Majmuk.

Nasoetion, S. (2003). Metode Penelitian Naturaistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Oncu, E. C. (2016). Improved creative thinkers in a class: A model of. academicjournal, Vol. 11(8), pp. 517-522.

Retnawati, H. (2015). Perbandingan Akurasi Penggunaan Skala Likert dan Pilihan Ganda Untuk Mengukur Self-Regulated Learning. Jurnal Kependidikan, 156-167.

Retnawati, H. (2016). Panduan Penelitian, Mahasiswa, dan Psikometrian. Yogyakarta: Parama.

Saefudin, A. A. (2012). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Al-Bidayah, Vol. 4 No 1.

Sembiring, R. K. (2010). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Perkembangan dan Tantangan. Vol 1. No 1 Hal 11-16.

Siswono, T. Y. (2009). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir. Pendidikan Matematika, Tahun X Nomor 1:1-9.

Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Bandung: Dirjen Dikti Depdiknas.

Soviawati, E. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, No 2 ISSN 1412-565X.

Streefland, L. (1991). Fractions in Realistic Mathematics Education a Paradigm of Developmental Research. Natherland: Kluwer academic plubisher group.

Sudarma, M. (2013). Mengembangkan Ketrampilan Berpikir Kreatif. Bandung: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Suharta, I. G. (2001). Pembelajaran Pemecahan dalam Matematika Realistik. Seminar Nasional Realistic Mathematics Education (RME). Surabaya: Jurusan Matematika FMIPA UNESA.

Suryabrata, S. (2004). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Rajawali Pers.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i3.5875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.