EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI DAN TTW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERBANTU MACROMEDIA FLASH

Andi Budiyanto, Widya Kusumaningsih, Noviana Dini Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Manakah kemampuan komunikasi matematis yang lebih baik antara siswa yang memperoleh model pembelajaran SAVI berbantu Macromedia Flash, model pembelajaran TTW berbantuan Macromedia Flash, atau model pembelajaran konvensional, (2) Apakah model pembelajaran SAVI ditinjau kemampuan komunikasi matematis siswa berbantu Macromedia Flashlebih baik daripada pembelajaran konvensional (3) Apakah model pembelajaran TTW ditinjau kemampuan komunikasi matematis siswa berbantu Macromedia Flashlebih baik daripada pembelajaran konvensional. (4) Apakah kemampuan komunikasi matematis siswa berbantu Macromedia Flashmenggunakan model pembelajaran SAVI dan TTW mencapai tuntas KKM. (5) Apakah terdapat pengaruh keaktifan dalam model pembelajaran SAVI dan TTW terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa berbantu Macromedia Flash.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan true experimental  design (eksperimen yang betul-betul). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Datuk Singaraja kelas X tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang diambil dengan menggunakan cluster randomsampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yangdigunakan adalah analisis variansi satu jalur sel tak sama. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Ada perbedaan antara siswa yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran SAVI danmodel pembelajaran TTWterhadap kemampuan komunikasi matematis siswa berbantuMacromedia Flashdenganmodel pembelajaran konvensional, (2) Siswa yang mendapat PembelajaranModelSAVI terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa berbantu Macromedia Flashlebih baik dari pada siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran konvensional. (3) Siswa yang mendapat PembelajaranModelTTWterhadap kemampuan komunikasi matematis siswa berbantu Macromedia Flashlebih baik dari pada siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran konvensional. (4) Rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa berbantu Macromedia Flash yang mendapat perlakuan model pembelajaran SAVI dan model pembelajaran TTW telah mencapai ketuntasan belajar klasikal maupun individual. (5) Terdapat pengaruh positif antara keaktifan siswa berbantu Macromedia Flash terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa  pada model pembelajaran SAVI dan TTW. Model pembelajaran SAVI dan TTW berbantu Macromedia Flashdapat digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Keywords


kemampuan komunikasi matematis; Macromedia Flash; TTW; SAVI.

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Arifin, Zainal. (2014). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Awa, Ali. 2013. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siawa Dalam Memahami Volume Bnagun Ruang Sisi Datar. Jurnal, Gorontalo: UNG, hlm 3.

Balai Pustaka. 2005. Kamus Besar BahasaIndonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Budiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta : UNS Press.

Crawford, Michael. TT. “Contextual Teaching and Learning: Strategies for Creating Constructivist Classrooms”. NTPN. Volume 11, Number 6.

________________. TT. “Contextual Teaching and Learning: Strategies for Creating Constructivist Classrooms (Conclusion)”. NTPN. Vol. 11, No. 9.

Depdiknas Undang-Undang No. 20, Tahun 2003. Pasal 3 tentang Pendidikan Nasional

Dwijayanti, I. 2014. Efektivitas Kelas Humanistik Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Karakterisktik Peserta Didik. Aksioma, 5(1/Maret).

Gilakjani, Abbas Pourhossein. 2012. Visual, Auditory, Kinaesthetic Learning Styles and Their Impacts on English Language Teaching. Islamic Azad University Iran. Journal of Studies in Education Vol. 2, No. 1.

Guskey, T. R. 1982. The effectiveness of Mastery Learning Strategies in Undergraduate Education Courses. 1-18.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hudojo, H. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).

Husna, dkk. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps). Jurnal Peluang, 1-12.

Inprasitha, Maitree dkk. 2012. A Study of Student’s Mathematical Communication in Teacher Professional Development. Journal of Modern Education Review, ISSN 2155-7993, USA.

Kleden, Maria Agustina, dkk. 2015. Analysis of Enhanchement of Mathematical Communication Competency Upon Students of Mathematics Education Study Program Through Metacognitive Learning. International Journal of Education and Research Vol. 3 No. 9 September 2015.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Reflika Aditama.

Lestari, Ayu. 2012. Development of Science-Chemitry Student WorkheetOriented Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual (SAVI) in The Topic Matter Changes for Junior High School. Department of Chemistry Math And Science Faculty Unesa. Unesa Journal of Chemical Education Vol. 1, No. 1.

Meier, D. (2002). The Accelerated Learning Handbook. Terj. Rahmani Astuti. Bandung: Penerbit Kaifa. (Buku asli diterbitkan 2000)

Nadhiroh, Khusnul dkk. 2015. Model Pembelajaran TTW Dan TPS terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Materi Bangun Datar. Artikel Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untan, Pontianak. Tidak diterbitkan.

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta..

Pramono, Andi. 2004. Presentasi Multimedia dengan Macromedia Flash. Yogyakarta: Andi.

Rose, C. dan Nicholl, MJ. 2009. Accelerated Learning for The 21 Century Cara Belajar Cepat Abad XXI. Jakarta : Nuansa.

Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabet.

Smith, Bettye P.. 2010. “Instructional Strategies In Family And Consumer Sciences: Implementing The Contextual Teaching And Learning Pedagogical Model”. Journal of Family & Consumer Sciences Education, 28(1).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sumarmo,U. (2002). Alternatif Pembelajaran Matematika dalam Menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah disajikan pada Seminar Nasional FPMIPA UPI: Tidak diterbitkan.

Sumarna. 2009. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan INTERPRETASI HASIL TES implementasi Kurikulum 2004. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA

Umar, W. 2012. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Infinity, 1-9..

Yuniarti, Yeni. 2014. Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar .Jurnal Pendidikan. 1-6.

Yusup, Pawit. 1990. Komunikasi Pendidikan dan Komunikasi Instruksional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i3.5879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.