EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTU LECTORA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Desti Hana Windarti, Noviana Dini Rahmawati, Muhtarom Muhtarom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran MMP dan model pembelajaran STAD berbantuan Lectora terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X SMK Teuku Umar Semarang. Sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, dan observasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah Uji Normalitas Distribusi, Uji Homogenitas, Uji Anava, Uji Pasca Anava (Metode Scheffe’), Uji Persamaan Regresi Linear Sederhana, dan Uji Ketuntasan Individual Klasikal. Kesimpulan hasil analisis tersebut diperoleh: (1) ada perbedaan efektivitas antara model pembelajaran MMPberbantu Lectora, STAD berbantu Lectora,model pembelajaran konvesional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran MMPberbantu Lectora lebih baik dari model pembelajaran konvesional, (3) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD berbantu Lectoralebih baik dari pada model konvensional, (4) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran MMPberbantu Lectora sama baiknya dengan model pembelajaran STADberbantu Lectora, (5) ada pengaruh keaktifan siswa pada model pembelajaran MMP dan STAD berbantu Lectoraterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (6) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran MMP dan STAD berbantuan Lectora mencapai KKM.

Keywords


Missoury Mathematics Project; Students Teams Achievement Division; Lectora; Konsep Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Full Text:

PDF

References


Alba, F. M, dkk. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Generatif dan MMP Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Semarang: Jurnal Kreano, ISSN: 2086-2334.

Anggo, Mustain. (2011). Pelibatan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Edumatica, Vol. 01. No. 01, 25-31.

Aprilia, D, dkk. (2014). Studi Komparatif Model CIRC dan MMP Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Unnes Journal Mathematics Education.

Arifin, Zainal. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Awaliyah, F., E. Soedjoko, dan Isnarto. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Pembelajaran Model Auditory Intellectually Repetition. Unnes Journal of Matheatics Education.

Budiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Dwijayanti, Ida. (2015). Efektivitas kelas Humanistik dalam pembelajaran matematika terhadap karakteristik peserta didik. E-Journal Universitas PGRI Semarang.

Effendi, Leo Adhar. (2012). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kempuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikam, Vol. 13, No. 2, 1-10.

Fitasari, Diana Wahyuning dkk. (2012). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif STAD Dengan Microsoft Power Point. Unnes Journal of Mathematics Education. Vol. 1, No. 1. 7-12.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamdayana, Jumanta. (2015). Model dan Metode Pembelajaran kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hikminatul Afthina, Intan Indiati, dan Bagas Ardi Saputro. (2016). Efektivas Model TAPPS dan MMP Berbantu Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Prosiding seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. 2016.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jannah, Mifkhatul, dkk. (2013). Penerapan Model MMP untuk Meningkatkan Pemahaman dan Sikap Positif Siswa Pada Materi Fungsi. Karanganyar: Jurnal Pendidikan Matematika Solusi Vol. 1. No. 1 Maret 2013.

Kurniawan, Wahyu. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Contextual Teaching And Learning (CTL), Dan Ekspositori terhadap prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Mts Negeri Ngrame. Jurnal Media Prestasi. Vol. XVII, No. 1. 94-103.

Laksana, dkk. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran STAD disertai Permainan MAM terhadap Kemmapuan Pemecahan Masalah siswa kelas X. Jurnal kreano, Vol. 4. No. 2. 197-091X.

Majid, Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Minarni, A. (2012). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Prosiding Seminar Nasional. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FPMIPA UNY, 92-102.

Nasution, Anggita U., Asmin. (2017). Perbedaan Kemmapuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model STAD dan Pembelajaran Langsung. Jurnal Inspiratif, Vol. 3, No. 2 Agustus 2017.

Polya, G. (1973). How To Solve It, Second Edition. Princeton University Press, Princeton, New Jersey.

Pramudiyanti, Noviana, dkk. (2013). Keefektifan Pembelajaran Model MMP Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Dimensi Tiga. UNNES Journal of Mathematics Education, 2(2).

Purwanto, Edy. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Semarang: Swadaya Manunggal.

Rahmiati, Fahrorozi. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 10, No. 2.

Romadhan, Akbar dan Wanarti, Puput. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Teknik Elektro Dasar di SMKN 3 Jombang. Vol. 04. No. 02.

Sari, N. Riski Utami, dkk. (2014). Pengaruh Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesa Program Studi Pendidikan Dasar, Vol. 4.

Savitri, S. N., Rochmad, Arief A. (2013). Keefektifan Pembelajaran Matematika Mengacu Pada Missouri Mathematics Procejt Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Semarang: Unnes Journal of Mathematics Education, ISSN: 2252-6927.

Setiawan dan Indris Hatta. (2014). Pengaruh Pendekatan Open-Ended dan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Siswa terhadap Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol. 3, No. 1, 9-16

Sudaningsih. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) dan Project Based Learning (PjBL) Berbantu Surat Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK. Skripsi Universitas PGRI Semarang. Semarang: Tidak diterbitkan.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sulastri, E., Mariani, S & Mashuri. (2015). Studi Perbedaan Keefektifan Pembelajaran LC-5E dan CIRC Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, Vol. 6. No. 1. 4452-12420-1-PB.

Sulistiyah, Endang dkk. (2011). Meningkatkan Keaktifan dan Ketrampilan Siswa dalam Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika dengan Penerapan Model Student Teams Achievement Division (STAD). Jurnal PTK. ISSN 2088-091X.

Sumartini, Tina Sri. (2016). Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematis Siswa melelui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, Vol. 5, No. 2. 148-158.

Supiandi, M, Iyus & Herdekus, J. (2016). Pengaruh model PBL Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar. Journal Pendidikan Sains, Vol. 4, No. 2, hal. 60-64.

Suprijono A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surya, Edy dan Riska Rahayu. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ar-Rahman Percut Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma, Vol. 7, No. 1. 24-34.

Tiasto, R. H. & Elly Fahrurozi. (2015). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Dengan Metode Two Stay Two Stray Efektivitasnya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Tawangmangu. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, ISBN: 978-602-73403-0-5.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Vitasari, dkk. (2013). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Jurnal FIKP PGSD Universitas Sebelas Maret. Hal 1-8.

Yuliana dan M. Ridlo Yuwono. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII Di SMP Negeri Se-Kabupaten Klaten. PROSIDING. ISSN: 2502-6526, 640-649.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i3.6117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.