Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman terhadap materi-materi matematika dengan benar, sehingga membuat siswa kurang tertarik dalam pembelajaran matematika. Selain itu, banyak siswa dalam kemampuan memecahkan masalah matematika sangat rendah, sehingga perlu ditingkatkan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan gaya belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas X SMK Pelita Nusantara 2 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui 1) Kesulitan siswa dengan gaya belajar auditorial terdapat pada tahap memahami masalah; Kesulitan siswa dengan gaya belajar visual terdapat pada tahap memahami masalah dan menyelesaikan masalah sesuai rencana; dan kesulitan siswa dengan gaya belajar kinestetik terdapat pada tahap memahami masalah, menyelesaikan masalah sesuai rencana dan melakukan pengecekan kembali. 2) Faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan gaya belajar diantaranya: sikap siswa pada saat proses pembelajaran berbeda menurut gaya belajarnya; terganggunya alat-alat indra akan mempengaruhi konsentrasi siswa dalam menyerap materi pelajaran sehingga mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika; dan strategi belajar yang diterapkan guru harus sesuai dengan karakteristik masing-masing siswa. Kesimpulan penelitian adalah kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan gaya belajar adalah ketiga gaya belajar mengalami kesulitan pada tahap memahami masalah dan faktor yang mempengaruhi adalah sikap siswa, alat indra dan strategi belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Daryanto. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Gava Media.
DePorter, B., & Hernacki, M. (2016). Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa.
Richardo, R., Mardiyana, & Sari, D. R. (2014). Tingkat Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas IX MTS Negeri Plupuh Kabupaten Sragen Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/2014). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(2), 141–151.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). CV. Alfabeta.
Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. PT. Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.
Tambychik, T., & Meerah, T. S. M. (2010). Students’ Difficulties in Mathematics Problem-Solving: What do they Say? Procedia-Social and Behavioral Sciences, 8, 142–151.
Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. ERUDIO, 2(1), 7–21.
Widdiharto, R. (2008). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remidinya. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa Dan Bagaimana Mengembangkannya. Prosiding, 402–413.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6719
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.