Profil Cara Guru Mengajar Matematika di SLB Negeri Semarang

Muhammad Hamdan Aris, Rasiman Rasiman, Nurina Happy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika di kelas X SLB AB Negeri Semarang ditinjau dari cara guru mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas X SLB Negeri Semarang yaitu guru kelas X-A (Tunanetra) dan guru kelas X-B (Tunarungu). Waktu penelitian tanggal 17 juni 2020 sampai tanggal 10 September 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru kelas X-A (Tunanetra) dan guru kelas X-B (Tunarungu) sebelum pelaksanaan pembelajaran menyiapkan bahan yang diperlukan, yaitu silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam pelaksanaan pembelajaran kedua guru menggunakan metode mengajar, materi ajar dan alat evaluasi sesuai dengan kemampuan dan karakteristik siswa. (2) Guru kelas X-A (Tunanetra) menggunakan metode khusus sorogan dan metode drill dalam pembelajarannya, sedangkan guru kelas X-B (Tunarungu) menggunakan Metode Maternal Reflektif (MMR) sebagai metode utama untuk menjelaskan materi kepada siswanya. Dalam penerapan metode, kedua guru menyesuaikan kondisi siswa agar tidak mengalami hambatan dalam pembelajaran. (3) Alat dan media penunjang pembelajaran siswa tunanetra, diantaranya yaitu alat bantu perabaan (buku-buku), huruf braille, reglet, alat peraga tactual/audio, papan hitung dan sempoa, sedangkan untuk pembelajaran siswa tunarungu, alat dan media yang digunakan diantaranya media visual, menggunakan benda asli maupun tiruan, serta media gambar dengan tulisan atau keterangan dan cara menerangkannya dengan bahasa bibir/gerak bibir. Ada banyak jenis alat dan media pembelajaran yang tersedia di SLB Negeri Semarang. Dalam penggunaannya, guru menyesuaikan dengan materi yang diajar.

Keywords


Pembelajaran Matematika; Cara guru mengajar

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamzah. (2014). Rencana dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Rajagrafinda Persada.

Maesaroh. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. 155.

Mulyadi. (2015). Pembelajaran Matematika di Sekolah Luar Biasa (SLB) Khusus Tunarungu Karnamanohara Yogyakarta Tingkat SMP. 2.

Munadi. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: Referensi.

Natasya. (2019). Isyarat Bagi Pembelajaran Matematika Siswa Tunarungu.

Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 1991, pasal 2. (n.d.). Retrieved from m.hukumonline.com: http://pusatdata.hukumonline.com/js/pdfjs/web/viewer.html.

Puspitasari. (2011). Budaya Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Luar Biasa Tunarungu (SLB-B) (Studi Etnografi di Kelas VII SLB-B YPPLB Ngawi Tahun 2011).

Rachmawati, D. (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media.

Rahmawati. (2014). Analisis Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) B Negeri Singaraja .

Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2015). Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Interaksi Tes Formatif Uraian dan Kecerdasan Emosional.

Suryapermana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. 185.

UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. (n.d.). Retrieved from jogloabang.com: http://www.jogloabang.com/pustaka/uu-8-2016-penyandang-disabilitas

Zulmiyetri), L. B. (2017). Metode Maternal Reflektif (MMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Tunarungu. Konseling dan Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i2.7281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.