Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Melalui Pendekatan Saintifik dan Open-Ended Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Iva Khasanah, Supandi Supandi, Kartinah Kartinah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan pendekatan saintifik dan open-ended terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Randublatung Tahun Ajaran 2020/2021. Dengan menggunakan cluster random sampling terpilih sampel yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1, kelas VII B sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen TTW dengan pendekatan saintifik, TTW dengan pendekatan Open-ended, dan kontrol (2) kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen TTW dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada kelas konvensional (3) kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen TTW dengan pendekatan Open-ended lebih baik daripada kelas konvensional (4) tidak ada perbedaan kemampuan representasi matematis siswa dengan TTW dengan pendekatan saintifik dan TTW dengan pendekatan Open-ended (5) ada pengaruh keaktifan terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen TTW dengan pendekatan saintifik (6) ada pengaruh keaktifan terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen TTW dengan pendekatan Open-ended (7) kemampuan representasi siswa kelas eksperimen TTW dengan pendekatan saintifik dan eksperimen TTW dengan pendekatan Open-ended mencapai KKM. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Wrtite (TTW) dengan pendekatan Saintifik dan Open-ended lebih baik daripada pembelajaran konvensional.


Keywords


Think Talk Wrtite (TTW); pendekatan saintifik; pendekatan open-ended; kemampuan representasi matematis.

Full Text:

PDF

References


Afandi, A., Matematika, P., Keguruan, F., Ternate, U. K., & Afandi, A. (2013). Pendekatan Open-ended dan Inkuiri Terbimbing ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Multipel Matematis Open-Ended and Guided Inquiry Approach in Terms of Problem Solving and Multiple Representation Mathematics Abilities. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1–11.

Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Roesdakarya.

Astin, A. E., Bharata, H., Pendidikan, M., Universitas, M., & Surakarta, U. M. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. 20, 631–639.

Budiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Sebelas Maret Universitas Press.

Ekawati, S., & Dewi, K. M. N. (2016). Efektivitas Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sukamaju. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 443–449.

Fathurrohman, M. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.

Ferrini-Mundy, J. (2000). Principles and standards for school mathematics: A guide for mathematicians. Notices of the American Mathematical Society, 47(8).

Hadi, W. (2016). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa Smp Melalui Pembelajaran Discovery Dengan Pendekatan Saintifik. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 93–108. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no1.2016pp93-108

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity Journal, 2(1), 85. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.27

Lesmana, E. (2018). Efektivitas Pendekatan Open-Ended terhadap Penalaran Matematis Siswa di SMP Negeri 3 Angkola Selatan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(2), 36–44.

Muhammad, M., & Nurdyansyah, N. (2015). (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik.

Nini, W. O., Salam, M., & Masi, L. (2015). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap hasil Belajar Matematika Materi Pokok Statistika Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kendiri. In Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika (Vol. 3, Issue 1, pp. 153–166).

Nuraeni, R., & Luritawaty, I. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa melalui Strategi Think Talk Write. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garit, 5(2), 101–112.

Pane, I. P. P. (2014). Efektivitas Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa. Mathematic Education Journal, 2(2), 259–264.

Paut, M. S. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas IV di SD Pujokusuman 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(6), 511–517.

Rangkuti, A. N. (2013). Representasi Matematis. Logaritma, 1(02 JULI), 49–61.

Sabirin, M. (2014). Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33–44.

Sani, A. H. (2015). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Dan Kaitannya Dengan Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 57–62.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Tarsito Bandung.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, cv.

Sumarmo, U., Hidayat, W., & Zukarnaen, R. (2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematis: Eksperimen terhadap Siswa SMA menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 17–33.

Supandi, S. (2018). Think-Talk-Write Model for Abilities. International Journal of Instruction, 11(3), 77–90.

Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. In Pancaran (Vol. 3, Issue 2, pp. 165–174).

Syahrul Rizal, M. (2018). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 2(1), 111–119.

Vahlia, I., Rahmawati, Y., & Anjar, T. (2017). Efektivitas Pendekatan Saintifik Berbasis Group Investigation Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Minat Belajar Mahasiswa. In AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika (Vol. 6, Issue 1, p. 128). https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.909

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. In Jurnal Riset Pendidikan Matematika (Vol. 4, Issue 1, p. 1). https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066

Yanti, A., Sutiarso, S., & Bharata, H. (2017). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(8), 854–866.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i2.7400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.