Efektivitas Penggunaan Media Fun Learning Math Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII

Siti Asmiatun, Rina Dwi Setyowati, Noviana Dini Rahmawati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Fun Learning Math ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII. Teknik pemilihan sampel dengan menggunakan teknik quasy experimen random sampling yang dilaksanakan di SMPN 29 Semarang Kota Semarang. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII. Melalui cluster random sampling terpilih sampel yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen, kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan : (1) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen dan kontrol diperoleh Fhitung = 7,6789 > Ftabel = 3,09 (2) ada pengaruh keaktifan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen diperoleh Fhitung = 97,944 > Ftabel = 4,2 untuk  thitung = 9,896 ≥ ttabel = 2,042 dan mempunyai pengaruh keaktifan sebesar 76 % (3) kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen mencapai KKM. Kesimpulan media  fun learning math efektif untuk meningkatkan kemampuan  berpikir kritis matematis siswa, terdapat perbedaan  prestasi  belajar  peserta  didik  kelas  kontrol  dengan kelas eksperimen pada materi bilangan pecahan.


Keywords


Fun Learning Math; Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Full Text:

PDF

References


Anwar Prabu Mangkunegara. 2005. Perilaku Dan Budaya Organisasi. Bandung: Refika Aditama.

Budi Murtiyasa. 2015. “Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global.” in Paper presented in Seminar Nasional HUT FKIP Matematika UMS ke-31. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Habibullah, Achmad. 2012. “Kompetensi Pedagogik Guru.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 10(September):3.

Iceu, Rohayati. 2011. “Program Bimbingan Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa.” Pendidikan Edisi Khus(2):154–63.

Ina V.S. Mullis, Michael O. Martin, Pierre Foy, and Alka Arora. 2012. Timss 2011 International Results in Mathematics. Vol. 2012.

Oemar Hamalik. 2008. Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Rahman, Muhammat dan Sofan Amri. 2014. Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Supriyono, Asmin. 2017. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan 18(2):1–12. doi: 10.33830/jp.v18i2.269.2017.

Yates, Shirley M. 2002. “The Influence of Optimism and Pessimism on the Psycho-Physical Wellness of Learners in Grades.” Mathematics Education Research Journal 14(1):4–15.

Yulianti, Eni, Zulkardi Zulkardi, and Rusdy A. Siroj. 2013. “Pengembangan Alat Peraga Menggunakan Rangkaian Listrik Seri-Paralel Untuk Mengajarkan Logika Matematika Di Smk Negeri 2 Palembang.” Jurnal Pendidikan Matematika 4(1). doi: 10.22342/jpm.4.1.308.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i2.7503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.