Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Matematika

Cipta Wahyu Widi Arsy, Lilik Ariyanto, Lukman Harun

Abstract


Prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu kedisiplinan dan motivasi belajar. Selama masa pandemi covid-19, kegiatan pembelajaran di sekolah dialihkan menjadi pembelajaran online. Suasana kegiatan belajar mengajar jarak jauh dengan tatap muka tentu saja beberbeda. Suasana pembelajarannyang berbeda membuat motivasiibelajarrdan kedisiplinan siswa menjadi kurang. Tujuan dari penelitiannini adalahhuntukkkmengetahui 1) Terdapatttpengaruhhpositif dan signifikanantara kedisiplinan siswa kelas XI saat pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar matematika, 2) terdapat,pengaruh,positif dan signifikan, antara motivasii,belajarrsiswa,kelas XIisaat pandemi, covid-19, terhadappprestasiiibelajar,matematika,, 3) terdapat,pengaruhhpositiffdannsignifikan antara,kedisiplinan dannmotivasiiibelajarrrsiswa,kelas XI saat pandemi covid-19 terhadap prestasibelajarrmatematika. Penelitian,iniiiadalah penelitian,kuantitatifffkorelasi dengan populasi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ambarawa. Teknikkksampling,yangggdigunakan,,dalam penelitian ini adalah purposive sampling,,dengan responden sebanyak 52sssiswa. Hasillllpenelitian ini yaitu 1) terdapat,,pengaruh,,positif,,dan,,signifikan antara kedisiplinan siswa kelas XI saat pandemi covid-19 terhadapprestasi,belajarrrmatematika, 2)terdapat, pengaruhh positiff dans signifikanantarammotivasibbelajarssiswakkelas XI saat pandemiccovid-19terhadappprestasibbelajarmmatematika, 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kedisiplinan dan motivasi belajar siswa kelas XI saat pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar matematika.


Keywords


Kedisiplinan; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Annisa, A. N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa di Sekolah. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 1-6.

Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1-12.

Budiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Dalam Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Cahyani, A.,Listiana, I. D., & Deta, S. P. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123-140.

Candra, I., & Fikri, H. T. (2020). Hubungan Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Kota Solok. Psyche 165 Journal, 13(1), 10-17.

Chulsum, U. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan Siswa, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Di SMA Negeri 7 Surabaya. Jurnal ekonomi pendidikan dan Kewirausahaan, 5(1), 5-20.

Daulae, T. H. (2020). Upaya Keluarga dalam Pembinaan Disiplin Belajar di Era Milenial. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 8(2), 261-278.

Fadhilah, N., Renda, N. T., & Jayanta, I. N. (2020). Hubungan Antara Daya Ketahanmalangan Dan Minat Belajar Dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 37-47.

Hakim, D. L. (2017). Penerapan Permainan Saldermath Algebra Dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Di Karawang. JIPMat, 2(1).

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151-164.

Helmiawan, M. A., Akbar, Y. H., & Sofian, Y. (2019). Evaluasi dan Uji Kualitas Website dengan Metode Webqual (Studi Kasus: STMIK Sumedang). Journal of Information Technology, 1(1), 1-4.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Hondro, B. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Discovery Dengan Ekspositori Dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(1), 36-47.

Indrianti, r., Djaja, S., & Suyadi, B. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 69-75.

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1).

Jamal, S. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII Smp N 2 Srumbung. Social Studies, 6(4), 469-479.

Kristin, F., & Sari, F. F. (2019). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 31-37.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap. Prosiding Seminar nasional pendidikan matematika etnomatnesia., 1(1).

Manurung, T. M. (2017). Pengaruh Motivasi Dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 1(1), 17-26.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Prasasty, A. T. (2017). Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Bina Karya Insan Tangerang Selatan. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 65-74.

Rokhaniyah, R. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Pecahan Melalui Model Interaktif pada Siswa SD. Academy of Education Journal, 9(2), 117-125.

Sari, I. N., Saputri, D. F., & Sasmita, S. (2017). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Galing Kabupaten Sambas. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 4(2), 108-114.

Setyawati, V., & Subowo, S. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 29-44.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).

Soewono, E. B. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Menggunakan E-Learning Pendekatan Bimbingan Belajar Berbasis Multimedia. IKRA-ITH INFORMATIKA: Jurnal Komputer dan Informatika, 2(2), 20-23.

Son, A. L. (2019). Instrumentasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Analisis Reliabilitas, Validitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Butir Soal. Gema Wiralodra, 10(1), 41-52.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmanasa, E. (2016). Hubungan antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1).

Sulfemi, W. B. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Di SMP Kabupaten Bogor.

Sumarni, Y. (2018). Matematika Dalam Ilmu Manajemen. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 11-24.

Surdin, T. M. (2017). Hubungan Antara Disiplin Belajar Di Sekolah Dengan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 1(2).

Syafi,i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.

Utami, A. H., & Warmi, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Ditinjau Dari Rasa Kecemasan Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Wijaya, I. N. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di STMIK STIKOM Bali. Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan Ipteks, 7(2), 192-198.

Winata, R., & Friantini, R. N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kuala Behe. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 43-50.

Wulandari, A. E., Azhar, E., & Jusra, H. (2018). Hubungan Antara Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Kelas VII. Prosiding SENAMKU, 1(1), 397-405.

Yuliantika, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, Dan XII Di SMA Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 35-44.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i6.9877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.