PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS FABEL BERMUATAN NILAI-NILAI MENJAGA LINGKUNGAN DENGAN PENGUATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI, KOLABORASI, KRITIS, DAN KREATIF UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP/MTs
Abstract
ABSTRAK
Permasalahan lingkungan yang disebabkan oleh perbuatan manusia masih saja menjadi persoalan di tengah kehidupan. Untuk itu diperlukan upaya untuk menumbuhkan rasa peduli menjaga lingkungan. Salah satu caranya adalah melalui fabel. Fabel sebagai salah satu bentuk sastra yang menceritakan kehidupan binatang sebagai personifikasi kehidupan manusia berpeluang besar untuk menyampaikan pesan-pesan moral, salah satunya menjaga lingkungan. Namun, selama ini belum ada penelitian atau pengembangan bahan ajar fabel yang memuat nilai-nilai menjaga lingkungan. Untuk itu diperlukan bahan ajar teks fabel menjaga lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan dan prototipe bahan teks fabel menjaga lingkungan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain Borg&Gall. Populasi penelitian adalah peserta didik SMP di Kabupaten Demak dengan dua sampel sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik membutuhkan bahan ajar teks fabel menjaga lingkungan dengan penguatan 4K. Dalam uji terbatas, diketahui bahwa prototipe bahan ajar mendapat komentar layak oleh guru dan peserta didik dan mendapat nilai 87,2 oleh validator. Prototipe bahan ajar ini berbentuk buku dengan judul “Mencintai Lingkungan melalui Fabel” terdiri atas empat bab materi, pelatihan, soal, dan info lingkungan. saran yang direkomendasikan, para guru dapat menggunakan bahan ajar ini untuk menumbuhkan cinta lingkungan dan menguatkan keterampilan 4K, dan para peneliti dapat mengembangkan penelitian untuk uji efektifitas.
Kata kunci: bahan ajar, fabel, lingkungan.
ABSTRACT
Environmental problems caused by human actions are still a problem in the midst of life. For this reason, efforts are needed to foster a sense of caring for the environment. One way is through fables. Fable as a form of literature that tells the life of animals as the personification of human life has a great opportunity to convey moral messages, one of which is protecting the environment. However, so far there has been no research or development of fable teaching materials that contain the values of protecting the environment. For this reason, fable text teaching materials are needed to protect the environment. This study aims to describe the needs and prototypes of fable text materials to protect the environment. The research design used is the Borg & Gall design. The research population is junior high school students in Demak Regency with two school samples. The results showed that students needed fable text teaching materials to protect the environment by strengthening 4K. In a limited test, it was found that the prototype of teaching materials received proper comments by teachers and students and got a score of 87.2 by the validator. The prototype of this teaching material is in the form of a book with the title “Love the Environment through Fables” consisting of four chapters of material, training, questions, and environmental information. recommended suggestions, teachers can use these teaching materials to foster environmental love and strengthen 4K skills, and researchers can develop research to test effectiveness.
Keywords: teaching materials, fable, environmentFull Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Apandi, Idris. 2013. “Mewujudkan Pembelajaran Abad 21 dan HOTS melalui Penguatan Keterampilan Guru dalam PBM”. Kompasiana.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto dan Syaiful Karim. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. 2008. Pedoman Penilaian Buku Nonteks Pelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dewi, Heny Gastiana. 2018. “Bahan Ajar Menulis Teks Fabel Bermuatan Nilai Kehidupan”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Volume 3 No.8, halaman 1032-1038.
Dit PSMA. 2017. Panduan Implmentasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kemendikbud.
Fahmy, Z., Subyantoro, S., & Nuryatin, A. 2015. “Pengembangan Buku Pengayaan Memproduksi Teks Fabel Bermuatan Nilai Budaya Untuk
Siswa SMP”. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 86-93. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/9865
Juanda. 2019. “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia
Dini, Volume 3 No.1 halaman 39-54.
KBBI Edisi V luring.
Kemendikbud. 2013. Permendikbud No.54 tentang Standar Kompetensi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kompas.com. 13 Februaru 2020. Kualitas Lingkungan Hidup: Faktor dan Permasalahannya. Diakses pada 23 November 2020 pukul 18.17.
Khuzaemah, Emah dan Hikmah Uswatun Ummi. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Teks Fabel dan Cerpen Berorientasi Softskill” dalam jurnal Indonesian Language Education and Literature Volume 4, No.2 halaman 257-271.
Kurniawan, Hendra. 2020. Pembelajaran Era 4.0: Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter, Keterampilan Abad 21, HOTS, dan Literasi dalam Perspektif Merdeka Belajar. Yogyakarta: Media Akademi
Nurgiyantoro, Burhanudin. 2005. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurgiyantoro, Burhanudin. 2010. “Sastra Anak dan Pembentukan Karakter”. Cakrawala Pendidikan, no 29 halaman 25-36.
Panglipur, Purbarani Jatining dan Eka Listiyaningsih. 2017. “Sastra Anak sebagai Sarana Pembelajaran Bahasa dan Sastra untuk Menumbuhkan Berbagai Karakter di Era Global.” Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global halaman 687-696. PS PBSI Universitas Jember.
Prasetyo, Ketut dan Hariyanto. 2018. Pendidikan Lingkungan Hidup Indonesia: Dasar Pedagogi dan Metodologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jakarta: Diva Press.
Pusat Kurikulum Perbukuan. 2008. Panduan Penulisan Buku Nonteks. Jakarta: Depdiknas.
Qostantia, Lia Noviana. 2017. “Bahan Ajar Menulis Cerita Fabel dengan Stimulus Film Finding Nemo”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol 2, No.3. hal: 377-384.
Reza, Muhammad., Yusuf Hudiyono, dan Masrur Yahya. 2020. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya.Vol 2, No.2. hal: 179-188.
http://www.diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/45/58
Sadjati, Ida Malati. 2015. Pengembangan Bahan Ajar. Modul 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
Saptanti, Sari Nur. 2008. “Pengembangan Model Pembelajaran Menyimak Fabel dengan Pembelajaran Produktif dan Multimedia Komputer”. Tesis. Unnes.
Seal dan Richey.2002. Teknologi Pembelajaran: Definsi dan Kawasannya. Terjemahan. Jakarta: IPTPI
Sitepu. 2014. Penulisan BUku Teks Pelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono.2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfa Beta
Sulistyorini. 2014. Kriteria Pemilihan Materi Ajar Teks Moral Fabel Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Universitas Negeri Malang.
Suryaman, Maman. 2010. “Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Sastra” dalam Jurnal Cakrawala Pendidikan no 29 halaman 40-44.
Tridiono, Herli. 2013. “Strategi Pembelajaran abad 21” .lpmpjogja.kemdikbud.go.id/strategi-pembelajaran-abad-21/
DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v6i2.10098
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------------------------
Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.