PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI CERITA DONGENG BAGI IBU-IBU PPK MAGARSARI JEPARA

Azzah Nayla, Ambarini Asriningsari

Abstract


ABSTRAK

Cerita dongeng salah satu sarana yang baik untuk memperkenalkan nilai-nilai pendidikan karakter bagi anak-anak sejak dini. Cerita dongeng dapat juga dipakai untuk mempermudah mereka memahami akan informasi yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. Kisah dalam cerita dongeng  perlu diberikan yang lebih menarik dan interaktif agar anak-anak tertarik untuk mendengarkan cerita dongeng. Ibu-Ibu PKK Magarsari Desa Margoyoso Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara dalam menceitakan dongeng dibutuhkan bebeapa keteampilan dalam mendongeng. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan penanaman pendidikan karakter melalui cerita dongeng bagi ibu-ibu PKK Magarsari Desa Margoyoso Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif ini dilakukan melalui angket dan penanaman pendidikan karakter melalui cerita dongeng bagi Ibu-Ibu PKK Magarsari Desa Margoyoso Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Dari uraian pembahasan yang telah dipaparkan dapat disimpulkan bahwa penanaman pendidikan karakter melalui cerita dongeng bagi Ibu-Ibu PKK Magarsari Desa Margoyoso Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara yang paling dominan dongeng-dongeng yang diangkat adalah penanaman karakter agama dan tolong-menolong.

 

Kata Kunci: penanaman pendidikan karakter, cerita dongeng, Ibu-Ibu PKK Magarsari.


Full Text:

PDF BAHASA PDF BAHASA

References


DAFTAR PUSTAKA

Asriningsari, Ambarini, Azzah Nayla, Rosalina Br. Ginting. 2018. “Animated Media Development of Social Context in Learning Writing Short Stories” IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME) Volume 8, Issue 3. Ver III (May-June 2018).

http://www.iosrjournals.org/iosr-jrme/papers/Vol-8%20Issue-3/Version-5/E0803051620.pdf

Agus, D.S. 2008. Mendongeng Bareng Kak Agus D.S. Yuk. Yogyakarta: Kanisius.

Baraja, Abubakar. 2006. Mendidik Anak dengan Teladan. Jakarta: Studia Press.

Borich, Gary D. 1994. Observation Skills for Effective Teaching (2”ed.) Colombus, OH: Merril.

Bunain, Burhan. 2003. Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Cipta Loka Caraka. 1971. Teknik Mengarang. Yogyakarta: Kanisius.

Hasan, Said Hamid, dkk,. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum

Horhandayani. 2007. Ma.. Dongengin Aku Yuk. Surakarta: Afra Publishing.Priyono, Kusumo. 2006. Terampil Mendongeng. Jakarta: Grasindo.

Luxemburg, Jan Van. 1982. Pengantar Ilmu Sastra, dkk. Gramedia.

Nuraini, Farida. 2010. Membentuk Karakter Anak dengan Dongeng. Surakarta: Indiparent.

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Stanton, Robert. 2019. Teori Fiksi. Pustaka Pelajar.

Teeuw.A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Wellek dan Warren. 1989. Teori Kasusastraan. Gramedia Pustaka: Jakarta




DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v7i2.12105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

-------------------------------------------------------------------------------------------

Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283

Creative Commons License
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.