PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS BIOGRAFI DENGAN MEDIA PICTURE MAPPING DI SMK KOTA SEMARANG
Abstract
ABSTRAK
Bahan ajar merupakan bagian dari kelangsungan pembelajaran. Bahan ajar haruslah berwujud seperangkat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang dapat merangsang timbulnya peristiwa belajar. Bahan ajar harus dengan rincian isi, 1) disebut fakta bila berisi sesuatu yang harus diingat, 2) berupa konsep apabila berupa defisini serta ciri khas, 3) disebut prosedur apabila berisi penjelasan langkah-langkah kegiatan, 4) disebut prinsip apabila berisi penjelasan tentang hubungan antara beberapa konsep. Melalui media picture mapping dalam pembelajaran menulis teks biografi diharapkan peserta didik mampu menulis teks biografi dengan media picture mapping dengan benar. Peserta didik diharapkan mulai mengembangkan kreativitasnya dalam menyusun teks biografi. Penggunaan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik merupakan sebuah tantangan dalam penyusunannya. Bahan ajar harus dikolaborasikan dengan metode, teknik yang tepat untuk menghasilkan sebuah bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan.
Dalam penelitian ini dihasilkan bahwa bahan ajar menulis teks biografi dengan media picture mapping yang dikembangkan terbukti efektif membantu peserta didik dalam pembelajaran menulis teks biografi sesuai dengan struktur dan kaidah penulisan yang berlaku. Dilihat dari hasil ketercapaian ketuntasan belajar, hasil tes menulis peserta didik menunjukkan bahwa pada saat menggunakan bahan ajar menulis teks biografi dengan media picture mapping sebanyak 72,31 % peserta didik mendapat nilai diatas KKM. Artinya, bahan ajar ini sangat membantu dalam pemerolehan ketuntansan belajar peserta didik.
Kata kunci: Teks Biografi, Menulis, Picture Mapping
Full Text:
PDF BAHASAReferences
Daftar Pustaka
Ahmadi,Mukhsin.1990. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Berapresiasi Sastra. Malang : YA3 Malang.
Aini, A. dan Atikah, A. 2012. Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya. Vol. 1: 17-29.
Anindyarini, Atikah. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Arsyad ,Azhar. 2002. Media PembelajaranEdisi 1. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.
----------. 2009. Media Pembelajaran Edisi2. Jakarta: PT Raja Grafindo Pers.
Buzan, T. 2005. Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.(Online). (http://en. book. org. Buku-PintarMind-Mapping-Tony-Buzan.pdf). Diakses tanggal 21 november 2015.
Chomsin S Widodo, dan Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komutindo.
Depdiknas.2008.Panduan Pengembangan Bahan Ajar.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Kartika, I., Ikawati, V., Arifin,S. 2011. Teori-teori Pendidikan. Malang:Universitas Negeri Malang. (online) (https://imadiklus.googlecode.com/teori-belajar-pendidikan.pdf).
Keraf,Gorys. 1989. Komposisi. Ende Flores : Nusa Indah.
Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia WahanaPengetahuanSMP/MTs Kelas VIII.Jakarta:Kemendikbud.
Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang:Akademia.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia.
Muslich,Masnur.2007.KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.
Nofya, Mona, dkk. 2017. “Pengembangan Modul Pembelajran Menulis Teks Biografi Berbasis Inquiring Mind Want to Know berbantuan Gambar siswa Kelas X SMA Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan”. Online.(jim.stkip-pgri-sumbar.ac.id, diunduh tanggal 22 September 2018).
Prastowo, Andi. 2011. Panduan KreatifMembuatBahan Ajar InovatifMenciptakanMetodePembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan.YogyakartaDivaPress.
Sandika, Rini. 2014. “Pengembangan Handout Bergambar Dilengkapi Peta Konsep pada Materi Kingdom Protista untuk Siswa SMA”. Online.(download.portalgaruda.org, diunduh tanggal 22 September 2018).
Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Slameto.2003. Belajar dan Faktor-FaktorBelajar yang Mempengaruhinya. Jakarta:RinekaCipta.
Stita, Taqwa. 2011. Urgensi Peta Konsep. (diposkan pada Minggu,10 Juli 2011) http://stitattaqwa.blogspot.com/2011/07/urgensi-peta-konsep.html. Diakses 18 Agustus 2018.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sugondo,Dendy.2011.Buku Praktis Bahasa Indonesia JilidI.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sunendar, Dadang dan Iskandar wassid. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung : Rosda.
Suriatmaja,1996. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta : Depdikbud.
Swadarma, Doni. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta : Gramedia.
Tarigan,Henry Guntur.1986. Teknik Pengajaran Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
---------. 2009. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tim Penyusun Kamus.2007. KamusBesar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Tim Penyusun.2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Depdiknas.
Trianto. 2009. Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v7i1.12118
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------------------------
Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.