PELUANG PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PUISI DI SMP DENGAN TEKNIK AKROSTIK
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran puisi di SMP dengan teknik akrostik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan modifikasi metode Research and Development oleh Borg dan Gall. Tahap pengembangan pembelajaran meliputi 1) analisis kurikulum, mencari sumber pustaka (studi literatur), penyebaran angket kebutuhan guru dan siswa, dan penyusunan prototipe pembelajaran; 2) tahap validasi pembelajaran yang dilakukan dengan cara menghadirkan pakar atau ahli dan guru; 3) tahap uji coba pembelajaran di dua sekolah penelitian; dan 4) menganalisis hasil uji coba dan penyempurnaan pembelajaran. Hasil analisis kebutuhan guru dan kebutuhan peserta didik terhadap pembelajaran puisi dengan teknik akrostik terkait kendala yang dihadapi guru dan peserta didik dalam pembelajaran sebesar 92,82%; kebutuhan pembelajaran puisi terkait kondisi awal terhadap pembelajaran sebesar 97,1%, kebutuhan pembelajarn puisi terkait pengetahuan awal pemahaman materi puisi sebesar 81,01% merasakan kesulitan menentukan tema, kebutuhan pembelajaran puisi terkait penggunaan teknik akrostik sebesar 86,95%. Artinya, 89,47% peluang untuk pengembangan pembelajaran puisi dengan teknik akrostik di SMP.
Kata Kunci : pembelajaran, puisi, teknik akrostik
Full Text:
PDF BAHASAReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abduh, Nurul Khairani. 2018. Pemanfaatan Teknik Akrostik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan
Pengajarannya, 11(1), 40-47.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Aryanti. 2012. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Polut Kabupaten Takalar.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Atikah. 2016. Teknik Menulis Puisi Akrostik. Bandung: Media Tama.
Bawamenewi, A. 2021. Teknik Akrostik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 638-642.
Borg, W.R. & Gall, M.D. 1983. “Educational Research: An Introduction, Fifth Edition”. New York: Longman.
Dyanti, Eryani Puspa. 2018. Keefektifan Teknik Akrostik dan Teknik Kata Berantai dalam Pembelajaran Menulis Teks Puisi dengan Media Video Destinasi pariwisata pada Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. http://journal.unnes.ac.id/sju/indexs.php.jpbsi.
Ernawati, O. D., & Utami, S. P. 2017. Keefektifan pembelajaran menulis kreatif puisi menggunakan teknik akrostik dan teknik latihan terbimbing dengan media video keindahan alam untuk siswa kelas VII SMP Negeri 22 Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 16-21.
Frye, E. M., W. Trathen, & B. Schlagal. 2010. “Extending Acrostic Poetry Into Content Learning: A Scaffolding Framework”. The Reading Teacher, 63 (7): 591–595.
Habibi, M., Chandra, C., & Azima, N. F. 2019. Pengembangan bahan ajar menulis puisi sebagai upaya mewujudkan literasi sastra di sekolah dasar. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 9(1).
Hamsa, dkk. 2019. Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik. Didaktika:Jurnal Kependidikan. Volume 8 Nomor 2.
Harley, A., & Noyes, D. 2009. African Acrostics: A Word In Edgeways. Somerville, MA: Candlewick. Frye, Elizabeth M., Woodrow Trathen, & Bob Schlagal. 2010. Extending
Acrostic Poetry Into Conten Learning: A Scaffolding Framework. The Reading Teacher. 63 (7): 591–595.
Hidayat, G. T., & Indihadi, D. 2018. Teknik akrostik dalam penulisan puisi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 103-109.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VIII.
Keraf, Gorys. 1989. Ragam Tulisan : Jenis dan Manfaat. Jakarta: Karya Utama Media.
Kosasih, Endang. 2017. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya.
Kosasih, E dan Endang Kurniawan. 2018. Jenis-Jenis Teks: Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Pustaka.
Kristian, N., Suyono, S., & Sunaryo, S. (2016). Pengembangan bahan ajar menulis laporan penelitian berbasis pengayaan skemata bacaan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 203-213. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.6123
Kurniawan, Asep. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Majid, A. 2007. Perencanaan Pembelajaran.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyati, S., Mulyono, T., & Hartati, M. D. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Bermuatan Kebhinekaan Pancasila untuk Mereduksi Radikalisme Siswa
SMP. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 12(2), 213-227.
Melasarianti, L., Krisnawati, V., & Martha, N. U. 2019. Peningkatan keterampilan
menulis puisi melalui teknik akrostik berbasis media gambar pahlawan nusantara. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 55-64.
Pradopo, Rahmad Djoko. 2002. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajahmada Univercity Press.
Putri, Eka Maharani. 2019. Puisi Akrostik (Cara Mudah membuat Puisi). Kuningan: Goresan Pena.
Rahmayantis, M. D., & Lailiyah, N. 2020. Pengembangan materi bahan ajar menulis puisi dengan menggunakan teknik pemodelan di SMPN 1Tulungagung. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 243-254.
Rai Nuratni, Ni Komang dkk. 2014. Kajian Puisi Akrostik dengan Pendekatan Parafrase untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Puisi Kelas VII C SMP Negeri 7 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 2 Nomor.
Soegiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfbeta.
Sudibyo. 2008. Pembelajaran Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik. Retrieved from http://gerbangpendidikan.blogspot.com
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Syaiful Sagala, 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta : Bandung.
Sugiyono. 2020. Petode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suroso, 2007. Panduan Menulis Artikel dan Jurnal. Yogyakarta: Elmatera Publishing.
DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v7i2.12167
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------------------------
Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.