STRATEGI KATA BERSAMBUNG DAN TIDAK BERSAMBUNG UNTUK MEMPERKAYA DIKSI DALAM KOMPETENSI PENULISAN PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASIC LEARNING

Zuraida Jihan Annisa

Abstract


ABSTRAK

Keterbatasan diksi menjadikan hambatan bagi peserta didik dalam menulis puisi. Dalam masalah ini, penulis menggunakan metode deskriptif. Yaitu penenelitian yang menjelaskan suatu masalah yang ada saat ini dan bertujuan untuk mencari solusinya. Saat ini sudah banyak sekolah yang menggunakan Kurikulum Merdeka. Guru harus menemukan strategi yang tepat digunakan dalam pembelajaran dan sesuai dengan tuntutan kurikulum Merdeka Belajar. Strategi yang tepat dan dapat dimanfaatkan oleh guru dalam situasi ini adalah menggunakan strategi kata bersambung dan tidak bersambung. Strategi tersebut bertujuan agar peserta didik memiliki semakin banyak diksi untuk dijadikan bahan menulis puisi. Strategi ini juga sudah sesuai dengan kurikulum Merdeka Belajar karena peserta didik dituntut untuk menyelesaikan masalah sendiri. Dalam penggunaan strategi ini, dibarengi dengan metode pembelajaran project basic learning. Yaitu metode yang tepat digunakan dalam tuntutan kurikulum Merdeka Belajar.

 

Kata Kunci: diksi, bersambung, tidak bersambung, strategi, metode.

 


Full Text:

PDF BAHASA

References


DAFTAR PUSTAKA

Bastari, Khabib. Belajar Mandiri dan Merdeka Belajar Bagi Peserta Didik, Antara Tuntutan dan Tantangan. ACADEMIA:

Jurnal Inovasi Riset Akademik. Vol. 1. No. 1. Agustus 2021.

Citraningrum, Dina Merdeka. Menulis Puisi dengan Teknik Pembelajaran yang Kreatif. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan dan Sastra Indonesia. Vol. 1. No. 1. Februari 2016.

Kertayasa, I Wayan, I Nengah Suwandi, I Dewe Gede Budi Utama. Pembelajaran Menulis Puisi Berdasarkan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas X MIA 2 SMAN Sukasada. Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia

Undiksha.Vol. 2. No. 8. Agustus 2018.

Oktavia, Windy. 2019. Analisis Kesulitan Menulis Puisi Bebas. Jurnal Pendidikan: Vol. 4. No. 2.

Panjaitan, Ki Dr. Saur. Kurikulum Merdeka Belajar untuk

Pendidikan yang Memerdekakan. Tempo.co. Maret 2022. https://kolom.tempo.co/read/15 71857/kurikulum-merdeka- belajar-untuk-pendidikan- yang- memerdekakan

Sukma , Elfia. Peningkatan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Negeri Sumbersari III Malang Dengan Strategi Pemetaan Pikiran. Jurnal Diksi: Vol. 14. No. 1. Januari 2007.

Susanti, Sri. Inovasi Pembelajaran Daring Dalam Merdeka Belajar. Hospitaly: vol.9. No.2. Desember 2020.




DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v7i1.12245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

-------------------------------------------------------------------------------------------

Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283

Creative Commons License
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.