PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERPEN DENGAN METODE PEMBELAJARAN KONVERSI TEKS LIRIK LAGU UNTUK TINGKAT SMP/MTs DI KABUPATEN KENDAL

Idha Ary Wardani, Prof Suwandi, Nazla Maharani Umaya

Abstract


Pembelajaran menulis teks cerpen merupakan salah satu keterampilan menulis digunakan untuk membentuk kepribadian peserta didik, meningkatkan kemampuan menulis, serta menyalurkan ide dan berkreativitas. Minimnya bahan ajar yang ada membuat peserta didik sekedar mendapatkan pengetahuan tentang menulis teks cerpen dari uraian guru.

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah kebutuhan guru dan siswa terhadap bahan ajar teks cerpen  dengan metode pembelajaran konversi lirik lagu untuk peserta didik SMP/Mts di kabupaten Kendal? (2) Bagaimanakah pengembangan bahan ajar teks cerpen dengan metode pembelajaran konversi lirik lagu untuk peserta SMP/MTs di Kabupaten Kendal?

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode R&D (Researcd and Development). Tahapannya meliputi (1) menganalisis kebutuhan peserta didik dan guru, (2) penyusunan draf prototipe, (3) validasi pakar, (4) revisi draf produk, (5) uji produk, (6) analisis FGD bahan ajar, dan (7) protoptipe bahan ajar teks cerpen. Teknik untuk mengumpulkan data proses pengembangan menggunakan teknik wawancara dan teknik angket. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data kualitas media, penelitian menggunakan teknik validasi yang digunkan untuk memvalidasi metode konversi teks lirik lagu oleh validator ahli pakar.

Hasil penelitian menunjukkan hasil ketercapaian ketuntasan belajar menunjukkan bahwa sebanyak 80% peserta didik memperoleh nilai diatas KKM setelah menggunakan buku pengembangan bahan ajar teks cerita pendek dengan metode konversi teks lirik lagu untuk peserta didik kelas IX SMP . Artinya, bahan ajar ini diperlukan dan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran serta peserta didik dalam meningkatkan ide kreativitas dalam menulis teks cerpen sehingga memperoleh nilai diatas KKM.


Full Text:

PDF BAHASA Remote

References


DAFTAR PUSTAKA

Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Anitah, S. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Asis Saefuddin, & I. B. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Brian, Rio. https://www.maxmanroe.com/apa-itu-parafrase.html tanggal 11 April 2022

Didik Komaidi. 2007. Aku Bisa Menulis: Panduan Praktis Menulis Kreatif Lengkap. Yogyakarta: Sabda.

Ismawati, Esti. 2013. Pengantar Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Komaidi, D. (2011). Panduan Lengkap Menulis Kreatif. Yogyakarta: Sabda Murfiah, Uum. (2017). Pembelajaran Terpadu Teori dan Praktik Terbaik di Sekolah. Bandung: PT Refika Aditama.

Keraf, Gorys. 1995. Eksposisi. Jakarta: Gramedia Widia Sarana. Kosasih. (2017). Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Kristian, N., & Nova Kristian, Suyono, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Laporan Skemata Bacaan. Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 2, 1(1), 203–213.

Laksana. 2009. Keterampilan Menulis Kreatif. Yogyakarta: Kanisius.

Nurgiyantoro, B. 2012. Teori Pengakjian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nuryatin, Agus dan Retno Purnama Irawati. 2016. Pembelajaran Menulis Cerpen. Semarang: Cipta Prima Nusantara

Prastowo. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press. Roekhan. 1991. Menulis Kreatif: Dasar-dasar dan Petunjuk nya. Malang: YA3 Malang.

Raharjo, Eko, 2007. Musik Sebagai Media Terapi. Harmonia : Journal of Arts Research and Education, 8(3).

Rohman, Saifur. 2020. Pembelajaran Cerpen. Jakarta: Bumi Aksara

Siswanto, W. 2014. Cara Menulis Cerita. Malang: Aditya Media Publishing. Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.

Suharto, S. 2006. Permasalahan Musikal dan Lingual dalam Penerjemahan Lirik Lagu (The Musical and Linguistic Problems in Lyrics Translation). Harmonia : Journal of Arts Research and Education, 7(2).

Suratisna, 2018. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Penerbit Elmatera

Suroto. 1989. Apresiasi Sastra Indonesia (Ulfah, Ed). Jakarta: Erlangga.

Tarigan, h. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Lampung: Utama Raharja




DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v8i2.16723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

-------------------------------------------------------------------------------------------

Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283

Creative Commons License
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.