MUATAN ANTI KORUPSI DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI SEBAGAI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK SMK DI KABUPATEN JEPARA
Abstract
Desain penelitian ini berupa research and development (R&D), mencakup enam tahapan, yaitu (1) analisis awal, (2) penyusunan instrumen, (3) pengambilan data, (4) analisis data, (5) uji terbatas, dan (6) penyusunan prototipe. Penelitian dilakukan dengan teknik kaji pustaka. Data kebutuhan diambil dari 99 siswa dan 5 guru Bahasa Indonesia dari 2 sekolah dengan status dan latar belakang sosial berbeda, yaitu SMK Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara dan SMK Islam Al-Hikmah 2 Welahan Jepara. Data penilaian diperoleh dari 45 siswa, 5 guru bahasa Indonesia dari 5 sekolah dan 2 ahli, masing-masing ahli di bidang sastra dan pengembangan bahan ajar. Instrumen yang digunakan berupa angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik kualitatif-intepretatif, yaitu proses mengkonstruksi realitas dan memahami maknanya. Penilaian yang didapatkan dari siswa, guru dan ahli. Perbaikan-perbaikan yang dilakukan berupa perubahan warna, ilustrasi, tata letak, dan jenis hurufkulit/coverbahan ajar; penambahan contoh penggalan puisi pada cover, penambahan kolom persepsi siswa dan penambahan item berupa rangkuman diakhir materi; sajian materi; dan perbaikan struktur penulisan kalimat dan teknik penulisan. Hasil penelitian berupa produk pengembangan bahan ajar apresiasi puisi berbasis pembelajaran anti korupsi yang dapat digunakan di tingkat sekolah menengah kejuruan di Kabupaten Jepara.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/teks.v1i1.2756
Refbacks
-------------------------------------------------------------------------------------------
Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.