PEMUATAN CAMPUR KODE BAHASA INDONESIA DAN BAHASA MELAYU AMBON DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI SEBAGAI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK SMP

Rigen Tawurutubun, Harjito, Nazla Maharani Umaya

Abstract


Latar belakang penelitian ini beranjak dari hasil analisis data pengamatan awal yang diperoleh dengan teknik observasi dan wawancara. Informasi tersebut berupa ditemukannya bentuk kelemahan kemapuan siswa dalam menulis. Latar belakang social budaya siswa yang juga pengguna bahasa daerah memberikan kendala nyata manakala melakukan proses pembelajaran dengan berbahasa Indonesia sebagai pengantar proses pembelajaran. Dampak yang muncul adalah pengaruhnya terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Berbagai tindakan yang telah dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan tersebut belum maksimal. Untuk mengatasi kebutuhan guru dan siswa dalam proses pembelajaran menulis, maka dilakukan penelitian mengenai pemuatan campur kode bahasa indonesia dan bahasa melayu ambon dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi sebagai pengembangan bahan ajar untuk smp dengan teknik penelitian dan pengembangan (Research and Development). Produk yang dikembangkan yaitu Bahan Ajar Menulis Pengalaman Pribadi Siswa SMP Kabupaten Maluku Tengah. Bahan ajar diujicobakan di Sekolah yang melibatkan siswa dan guru SMP Negeri 5 Teluk Elpaputih dan SMP Negeri 6 Teluk Elpaputih Satap Awaiya. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa menulis pengalaman pribadi berbasis campur kode bahasa Indonesia dan bahasa melayu Ambon telah berhasil membantu siswa dalam belajar menulis teks pribadi.


Keywords


Kata kunci: Menulis Pengalaman Pribadi, Bahasa Melayu Ambon, campur kode.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v2i1.2775

Refbacks







     

-------------------------------------------------------------------------------------------

Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283

Creative Commons License
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.