PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL K-W-L (KNOW-WANT-LEARN) SEBAGAI KOMPONEN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK SISWA KELAS VIII SMP SEMARANG
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk efektif yang digunakan di sekolah. Analisis kebutuhan lapangan dilakukan dengan cara mengumpulkan data dengan menggunakan pedoman wawancara dan angket. Validasi ahli dan uji coba produk dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan produk. Validasi ahli dilakukan oleh ahli materi bahan ajar. Uji coba produk yang dilakukan secara terbatas yang terdiri dari uji coba oleh pengguna yang dilakukan di SMP Nurul Ulum Semarang. Uji coba melibatkan 20 siswa kelas VIII SMP Nurul Ulum Semarang. Hasil penelitian meliputi hasil analisis kebutuhan lapangan, desain produk bahan ajar membaca pemahaman dengan model K-W-L (Know-Want-Learn), Hasil validasi ahli dan uji coba, dan tahap evaluasi. Hasil analisis kebutuhan lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman di sekolah masih banyak membutuhkan materi-materi yang khusus mempelajari membaca pemahaman dengan menggunakan model pembelajaran. Desain produk bahan ajar membaca pemahaman dengan model K-W-L (Know-Want-Learn) dirancang berdasarkan karakter pengembangan bahan ajar, kajian teoritik, kebutuhan- kebutuhan, dan analisis bahan ajar yang sudah ada.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/teks.v2i1.2777
Refbacks
-------------------------------------------------------------------------------------------
Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.