PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN METODE SQ3R PADA SISWA KELAS VII SMP KENDAL
Abstract
Artikel berikut membahas hasil penelitian meliputi hasil analisis kebutuhan lapangan, Desain produk bahan ajar membaca pemahaman dengan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R), Hasil validasi ahli dan uji coba, dan tahap evaluasi. (1) Hasil analisis kebutuhan lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman di sekolah masih banyak membutuhkan materi-materi yang khusus mempelajari membaca pemahaman dengan menggunakan model pembelajaran. (2) Desain produk bahan ajar membaca pemahaman dengan metode Survey, Question, Read, Recite. Review ( SQ3R) dirancang berdasarkan karakter pengembangan bahan ajar, kajian teoritik, kebutuhan-kebutuhan, dan analisis bahan ajar yang sudah ada. selain itu bahan ajar juga disusun berdasarkan kurikulum yang sedang berlangsung. (3) Bahan ajar kemudian dilakukan konsultasi untuk validasi dan revisi produk oleh pakar. Konsultasi terhadap produk yang akan diujicobakan dilakukan dengan pakar untuk mendapat komentar, saran dan persetujuan.(4) Tahap evaluasi dilaksanakan berdasarkan revisi hasil uji coba produk awal, kemudian dilakukan uji coba produk utama untuk menganalisis perbedaan antara bahan ajar yang sudah ada dengan bahan ajar yang baru yang telah dikembangkan.
Keywords
Bahan ajar, membaca pemahaman, metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Kendal
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/teks.v4i1.6273
Refbacks
- There are currently no refbacks.
-------------------------------------------------------------------------------------------
Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.