PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE BERBASIS NASIONALISME PADA SISWA KELAS X SMK KABUPATEN PEKALONGAN

Mohammad Andi Nugroho, Harjito Harjito, suwandi suwandi

Abstract


M

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya bahan ajar dan kemampuan siswa menulis puisi antara lain bakat, minat, penguasaan kosa kata kemampuan berbicara, minimnya pengetahuan tentang menulis, dan kurang pemahaman terhadap diksisiswa kelas X SMK Kabupaten Pekalongan. Rumusan masalahnya sejauhmana bahan ajar yang digunakan disekolah? Adapun tujuan penelitian ini untuk Mendeskripsikan kebutuhan buku teks dengan menggunakan metode Picture and picture berbasis nasionalisme dalam pembelajaran menulis puisi yang  dijadikan bahan pengembangan pembelajaran oleh siswa dan guru di SMK Kabupaten Pekalongan. Secara umum dapat disimpulkan bahwa untuk memotivasi dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi dapatdiupayakan dalam bentuk pengembangan bahan ajar menulis puisi dengan metode picture and picture berbasis nasionalisme.sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Kemudian hasil penilaian terhadap prototype metode picture and picture dengan berbasis nasionalisme adalah sebagai berikut:  Bahan ajar menulis puisi dengan metode picture and picture berbasis nasionalisme mendapatka nnilai rata-rata dari guru sebesar 79,4danahli 66,7, Cover buku mendapatkan nilai rata-rata dari guru sebesar 79,2 danahli 75,3, Isi bahan ajar mendapatkan nilai rata-rata dari guru sebesar 77,2 dan ahli 74,8.


Keywords


Pengembangan Bahan ajar, Keterampilan Menulis Puisi, Metode Picture and picture berbasisnasionalisme

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v4i1.6276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






     

-------------------------------------------------------------------------------------------

Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283

Creative Commons License
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.