UPAYA PENINGKATAN BUDAYA LITERASI PADA PESERTA DIDIK DENGAN SASTRA POPULER KARYA ANDREA HIRATA
Abstract
Budaya merupakan kebiasaan, sementara itu literasi adalah kemampuan membaca atau menulis. Jadi, dapat dikatakan bahwa budaya literasi adalah kebiasaan membaca atau menulis yang dilakukan terus-menerus dengan tujuan mendapatkan pengetahuan atau informasi. Budaya literasi di Indonesia sedang berada pada titik mengkhawatirkan. Oleh karena itu, kita perlu melakukan upaya-upaya yang dapat meningkatkan budaya literasi terutama di kalangan peserta didik. Rendahnya minat baca dan kurang tertariknya peserta didik pada bidang sastra menjadi salah satu alasan utama peserta didik tidak suka berliterasi. Salah satu cara agar peserta didik tertarik dengan literasi adalah dengan bahan bacaan yang ringan, bahasanya mudah dipahami, dan ceritanya pun tidak jauh dari kehidupan peserta didik. Sastra populer menjadi pilihan dalam hal ini karena dianggap sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Banyak sekali karya sastra populer yang marak akhir-akhir ini, salah satunya karya Andrea Hirata. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui upaya-upaya apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan budaya literasi dengan menggunakan sastra populer karya Andrea Hirata. Pendekatan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa terdapat upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan budaya literasi dengan sastra populer karya Andrea Hirata. Karya Andrea Hirata dirasa sangat cocok untuk meningkatkan budaya literasi pada peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/teks.v5i1.6320
Refbacks
- There are currently no refbacks.
-------------------------------------------------------------------------------------------
Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.