PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERITA RAKYAT EPOS BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PATRIOTIK UNTUK SMK KABUPATEN DEMAK

Ana Fauziyah, Asrofah Asrofah, Nazla Maharani Umaya

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kebutuhan awal siswa terhadap bahan ajar cerita rakyat epos berbantuan media audio visual berbasis pendidikan karakter patriotik untuk SMK di Kabupaten  Demak? 2). Bagaimana prototype bahan ajar cerita rakyat epos berbantuan media audio visual berbasis pendidikan karakter patriotik untuk SMK di Kabupaten Demak? Tujuan Penelitian adalah sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan kebutuhan awal siswa terhadap bahan ajar cerita rakyat epos berbantuan media audio visual berbasis pendidikan karakter patriotik untuk SMK di Kabupaten Demak. 2) Mendeskripsikan prototype bahan ajar cerita rakyat epos berbantuan media audio visual berbasis pendidikan karakter patriotik untuk SMK di Kabupaten Demak.Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Reseach and Development oleh Borg dan Gall. Hasil penilaian validasi pakar ahli menunjukkan presentase keseluruhan yang didapat adalah 90% atau jika dikonversikan ke dalam kriteria atau kategori mendapat predikat sangat layak diujicobakan. Setelah divalidasi bahan ajar diujicobakan di sekolah uji coba dan mendapatkan penilaian guru bahasa Indonesia di dua sekolah tersebut didapatkan hasil yaitu kelayakan penyajian bahan ajar 98% sedangkan aspek penerapan aspek cerita rakyat epos mendapat nilai 100% atau jika dikonversikan ke dalam kriteria atau kategori mendapat predikat sangat layak.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v5i2.6362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






     

-------------------------------------------------------------------------------------------

Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283

Creative Commons License
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.