PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ANEKDOT DARING MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERBASIS ANIMASI DI SMA KABUPATEN JEPARA

Agung Winarya, asrofah asrofah, Nazla Maharani Umaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar anekdot dengan media gambar berbasis animasi daring di SMA Kabupaten Jepara. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Reseach and Development oleh Borg dan Gall. Hasil penilaian validasi pakar ahli menunjukkan presentase keseluruhan yang didapat adalah 80 % atau jika dikonversikan ke dalam kriteria atau kategori mendapat predikat layak diujicobakan. Setelah divalidasi, bahan ajar diujicobakan di sekolah uji coba dan mendapatkan penilaian guru bahasa Indonesia di dua sekolah tersebut, didapatkan hasil yaitu kelayakan penyajian bahan ajar bagi guru mendapat nilai 86%, sedangkan aspek penerapan materi anekdot bagi siswa mendapat nilai 87% atau jika dikonversikan ke dalam kriteria atau kategori mendapat predikat layak. Nilai anekdot di dua sekolah secara keseluruhan terdapat 56 peserta didik yang nilainya di atas 70 sesuai kriteria ketuntasan minimal (KKM) di dua sekolah tersebut. Artinya, dari jumlah 56 peserta didik rata-rata sudah tuntas dalam kompetensi menulis anekdot. Dari data yang telah dianalisis, disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dikategorikan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amri, Sofan, dkk. 2010. Kontruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka. Arifin, Syamsul, dkk. 2009. Sukses Menulis Buku Ajar & Refrensi. Jakarta: Grasindao.

Baksin, Askurifai. 2008. Aplikasi Praktis Pengajaran Sastra. Bandung: Pribumi Mekar.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar.

Jakarta: Direktorat Jendral Manajeman Pendidikan Dasar dan Menengah.

Djamaris, Edwar. 1990. Menggali Khazanah Sastra Melayu KLasik. Jakarta: Balai Pustaka. Djiwandono, Soenardi. 2008. Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar. Jakarta: Indeks.

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Kosasih, E. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Lestari, Ika. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Akademia Permata.

Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan B. Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Narwati, Sri. 2012. Panduan Menyusun Silabus Dan RPP. Yogyakarta: Familia.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membut Bahan Ajar Inovatif. Jokjakarta: Diva Press.

Purwanto. Pennen Paulina. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Rasyid, Harun. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima.

R. Semiawan, Conny. 2007. Catatan Kecil tentang Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Kencana.

Rozak Zaidan, Abdul. 2007. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Balai Pustaka.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitataif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat.

Suparlan. 2006. Guru Sebagai Profesi . Yogyakarta: Hikayat.

Susetyo. 2010. Penelitian Kuantitatif dan PTK . Bengkulu: FKIP UNIB.

Susetyo. 2010. Guru Bahasa dan Sastra Indonesia yang Profesional Bengkulu: FKIP UNIB.

Widijanto, Tjahjono. 2007. Pengajaran Sastra yang Menyenangkan. Bandung: Pribumi Mekar.

Yulianeta. 2009. Bahasa & Sastra Indonesia di Tengah Arus Global. Bandung: FPBS UPI.




DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v6i2.8262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     

-------------------------------------------------------------------------------------------

Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283

Creative Commons License
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.