PELAKSANAAN KURIKULUM PANDEMI ANTARA REGULASI DAN KONDISI
Abstract
ABSTRAK
Artikel berjudul Pelaksanaan Kurikulum Pandemi antara Regulasi dan Kondisi merupakan pembahasan mengenai kendala yang dihadapi oleh siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Gembong. Permasalahan terfokus pada solusi untuk jalan terbaik bagi para siswa. Tujuan artikel adalah memberikan wacana atau menjadi pertimbangan dalam pelaksanaan daring di sekolah pinggiran. Artikel Pelaksanaan Kurikulum Pandemi antara Regulasi dan Kondisi dibahas secara kualitatif dan bersifat deskriptif. Hal-hal yang dideskripsikan dalam artikel antara lain 1) Regulasi KBM di masa pandemi Covid-19, 2) Kondisi siswa hadapi KBM daring, dan 3) Solusi pelaksanaan kurikulum di masa randemi antara Regualsi dan kondisi. Kesimpulan dari pembahasan pada artikel adalah solusi menyiasati kendala yang ada dilapangan dalam melaksanakan pembelajaran daring, selalu berinovasi agar bisa menyajikan pembelajaran yang menyenangkan, memudahkan dan membawa manfaat untuk kesuksesan siswa sesuai dengan kebutuhan dan kondisinya. Terobosan- terobosan itu kita lakukan tetap dalam protokol kesehatan secara ketat.
Kata kunci: kurikulum, pandemi, regulasi
ABSTRACT
The article entitled Application of the Pandemic Curriculum between Regulations and Conditions is a discussion of the obstacles faced by students in implementing online learning at SMP Negeri 1 Gembong. Problems are focused on the best path solutions for students. This article aims to provide a discourse or be taken into consideration in online implementation in suburban schools. Articles on Application of the Pandemic Curriculum between Regulation and Conditions are discussed qualitatively and are descriptive in nature. The things described in the article include 1) Arranging teaching and learning activities during the Covid-19 pandemic, 2) The condition of students facing online teaching and learning activities, and 3) Solutions for implementing curriculum in a pandemic period between regulations and conditions. The conclusion from the discussion of this article is to get around the obstacles that exist in the field in implementing online learning, always innovating in order to bring learning that is fun, easy and brings benefits to student success according to their needs and conditions. We made this breakthrough strictly according to health protocols.
Keywords: curriculum, pandemic, regulation
Full Text:
PDF BAHASAReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aprianto, E. (2020). Minim Sarana Belajar Online Pelajar di Pinggiran Jombang Numpang HP. Mojo.com, 1.
(https://magelangekspres.com/2020/0 8/31/nasib-pembelajaran- daring-di-sekolah-pinggiran- terkendala-sinyal-monitoring- guru-menjadi-pengganti/)
(https://suhanews.co.id/dilema- pembelajaran-luring-pada-sekolah- daerah/).
Kemendikbud. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring. di https://www.kemdikbud.go.id/ main/blog/2020/06/kemendikb ud-orang-tua-memegang- peranan-penting-dalam- pelaksanaan-belajar-dari- rumah.
Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan.
Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.
DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v4i2.8275
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------------------------
Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.