INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID 19
Abstract
ABSTRAK
Artikel Inovasi guru dalam pembelajaran di era pandemi covid-19 merupakan pembahasan mengenai adanya evaluasi permasalahan pembelajaran jarak jauh yang sudah dilaksanakan mulai bulan Maret sampai dengan November 2020. Permasalahn terfokus pada bagaimana inovasi dan kreasi guru dalam memahami aplikasi pembelajaran saat pandemi. Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan gambaran pada pemerintah setempat, sekolah, serta orangtua mengenai pembelajaran jarak jauh saat pandemi dibahas secara kualitatif dan bersifat deskriptif. Hal-hal yang dideskripsikan dalam artikel ini antara lain (1) proses daring menjadi awal perubahan ke era digital (2) Keluhan guru dalam proses daring (3) inovasi guru dalam pembelajaran daring. Kesimpulan pembahasan artikel adalah Pandemi Covid-19 harus dijadikan peluang oleh guru untuk berinovasi dan berkreasi. Kunci efektifitas dari sistem pembelajaran daring ialah cara seorang guru tetap inovatif dan kreatif untuk menyajikan pembelajaran daring secara menyenangkan dan mudah dimengerti sehingga para siswa tidak merasa bosan dan tetap produktif di rumah.
Kata kunci : inovasi, guru, pembelajaran, pandemi
ABSTRACT
The article entitled Teacher innovation in learning in the era of the Covid-19 pandemic is a discussion of some that must be evaluated regarding distance learning problems that have been implemented from March 2020 to the present. This problem focuses on how innovative and creative teachers are in understanding learning applications during a pandemic. The purpose of this article is to provide local government, schools and parents with an overview of distance learning when the pandemic is discussed in a qualitative and descriptive manner. The things described in this article include (1) the online process being the beginning of a change to the digital era (2) Teacher complaints in the online process (3) teacher innovation in online learning. The conclusion from the discussion of this article is that the Covid-19 Pandemic must be an opportunity for teachers to innovate and be creative. Don't interpret the Covid-19 pandemic as a challenge, let alone an obstacle. The key to the effectiveness of the online learning system is the way a teacher remains innovative and creative to present online learning in a fun and easy-to-understand manner so that students don't feel bored and remain productive at home.
Keywords: innovation, teacher, learning, pandemi
Full Text:
PDF BAHASAReferences
DAFTAR PUSTAKA
Kemendikbud.(2016).Permendikbud
No 020 tahun 2016
Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta:kemendikbud.
Kemendikbud. (2013).Permedikbud Nomor 021 Tahun 2013 Tentang Standar Isi.Jakarta: Kemendikbud Kemendikbud .(2016). Permendikbud
Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud
Kemendikbud .(2020).Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19): Jakarta: Kemendikbud
Sukmawati. (2020). Implementasi Pemanfaatan Google Classroom Dalam Proses. Journal Kreatif Online , Volume 8 nomor 1.
Suparlan.(2006). Guru Sebagai Profesi.
Yogyakarta:Hikayat Publishing
DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v4i2.8278
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------------------------
Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.