PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERBASIS KEPEDULIAN LINGKUNGAN SEBAGAI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK TALK WRITE UNTUK TINGKAT SMP DI KOTA SEMARANG
Abstract
ABSTRACT
This research was conducted using the Research and Development (R&D) method adopted from Sugiyono which includes the following steps: 1) Preliminary Study, namely literature study and field study, 2). Development Studies, including: (1) initial product design, (2) design corrections from experts, (3) design revisions, (4) limited trials, (5) Focus Group Discussions (FGD), and (6) product revisions .
The results of the expert / expert validation assessment show that the overall percentage obtained is 84.4% or if converted into criteria or categories gets the predicate worthy of being tested. After being validated, the learning media was tried out in the school under study and got the grade IV teacher's assessment in the two schools, the results were that the feasibility of presenting learning media for teachers got a score of 94%, while the results of student responses got a score of 95.7%, if converted into criteria or the category gets the predicate worthy.
From the data above, it can be concluded that the developed teaching materials are categorized as suitable for use in learning activities. Use of Image Media Based on Environmental Concern for the Development of Teaching Materials Text Description Using the Think Talk Write Method can provide a fun new atmosphere for students so that students are motivated to participate in learning activities.
Keywoards: Teaching Materials, Media, Pictures, Environmental Concern, TTW
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, Sriyono, dan Sahrazad. 2013. Pilihan Judul Tesis (Kajian Deskripsi Tesis Pada Universitas XYZ di Jakarta. Jurnal Formatif 3(3): 184-196 ISSN: 2088-351X
Aqib, Zainal. 2017. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Aqib Zainal, & Amrullah A. (2017). Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Yogyakarta.Gava Media.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
Anisa Bahtiar Munawaroh. 2016. “Kemampuan siswa dalam membuat teks deskripsi berdasarkan media gambar.” Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: PT. RajaGrafindo.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Daryanto & Darmiatun. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media
Depdiknas. (2010). Pendidikan Karakter Teori & Aplikasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional.
Eliyani. 2016. Peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi menggunakan field trip pada siswa kelas X SMA Negeri Waylima Kabupaten Pesawaran tahun pelajaran 2015/2016. Universitas Lampung.
Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar Kata Pengantar: Dr. H. Abdul Kodir, M. Ag. Bandung: Pustaka Setia.
Juairiah, Yuswar Yunus dan Djufri. 2014. Pembelajaran Berbasis Lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman spermatohyta. Jurnal Biologi Edukasi Edisi 13, Volume 6 Nomor 2.
Kemdiknas. (2010). Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasioanal.
Keraf Gorys. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta : Nusa Indah
Kurniasih, Kurniasih dan Sani, Berlin. 2014. Panduan Membuat Bahan Ajar Buku Teks Pelajaran Sesuai Dengan Kurikulum 2013, Surabaya: Kata Pena.
Kurniasih, Kurniasih dan Sani, Berlin. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Peneerapan, Surabaya: Kata Pena.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
ulyasa. H.E.2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Najib M, dkk (2016). Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta. Gava Media
Yossy Idris, Harris Effendi Thahar, dan Novia Juita. 2012. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Discovery Dengaaan Menggunakan Media Gambar Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Tahun 2011/2012 Universitas Ekasakti Padang.” Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. Volume 2 Nomor 3, Oktober 2014.
Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan, Jakarta: Diva Press.
Purwanti, Dwi. 2017. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. Dwijacendekia Jurnal Riset Pedagogik Vol.1 No. 1. Universitas Sebelas Maret
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sadiman, Arief S, dkk. 2018. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Depok: Rajawali PERS.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Modal Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sutra Wulandari, Muliani Azis, dan Hamzah. 2016. Pengaruh Media Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Murid Kelas V SD Inpres Karunrung.
Suryani, Nunuk, dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Sri Wuryastuti dan Ima Ni’mah. 2013. Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Kecapakan Hidup Mahasiswa Melalui Pembuatan Biogas. EduHumaniora : Vol. 5 No. 2, Juli 2013
Titik Setiyoningsih. 2017. Pengelolaan Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan Di SMPN 1 Gabus-Grobohan. Jurnal Manajemen Pendidikan - Vol. 12, No. 1, Januari 2017 : 1-9
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v6i2.9734
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------------------------
Copyright of Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya p-ISSN 2461-0011 and e-ISSN 2461-0283
Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.