PENGGUNAAN ADOBE FLASH CS5 PROFESSIONAL DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK LEGENDA SEBAGAI PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR UNTUK SMP DI KABUPATEN JEPARA

Dwi Retna Ningrum, Harjito, Ngasbun Egar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan media pembelajaran menyimak legenda berbasis Adobe Flash CS5 Professional untuk siswa SMP, (2) menghasilkan prototipe media pembelajaran menyimak legenda berbasis Adobe Flash CS5 Professional untuk siswa SMP. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model pengembangan dari Borg & Gall (1983). Penelitian dilaksanakan di SMP Islam Al Azhar Kedungmalang Jepara dan SMP Islam Mafatihul Huda Pecangaan Jepara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan guru Bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) berdasarkan hasil analisis kebutuhan, diperoleh informasi bahwa pembelajaran menyimak legenda selama ini menggunakan metode konvensional. Hal tersebut membuat siswa menjadi jenuh dan menjadikan rendahnya hasil belajar Hasil dari penilaian yang dilakukan oleh para ahli/ pakar, guru, dan siswa, produk media pembelajaran memperoleh rata-rata skor dengan persentase 87,25% yang tergolong dalam kategori “sangat baik”. Media pembelajaran menyimak legenda tersebut berisi beberapa materi pembelajaran tentang legenda diantaranya pengertian legenda, jenis legenda, unsur intrinsik legenda, dan beberapa contoh cerita legenda beserta soal latihannya.

Keywords


Kata kunci: Media Pembelajaran, Menyimak Legenda, Adobe Flash CS5 Professional

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






ISSN   : 2461-0011

e-ISSN: 2461-0283

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Pascasarjana UPGRIS