ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MASKULIN DENGAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE OPEN ENDED PADA MATERI SPLTV

Tiyas Pujiyantini, Muhamad Prayito, Muhtarom Muhtarom

Abstract


Kemampuan berpikir kreatif merupakan kompetensi tertinggi yang perlu dikuasai oleh siswa dan setiap siswa memiliki kemampuan berpiir kreatif yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa maskulin dalam menyelesaikan soal matematika tipe open ended pada materi SPLTV ditinjau dari gaya kognitif field independent. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MM A SMK Bina Bangsa Kersana yang memiliki identitas gender maskulin dan memiliki gaya kognitif field independent. Pengumpulan data dilakukan dengan angket BSRI, tes GEFT, tes kemampuan berpikir kreatif dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa maskulin dengan gaya kognitif field independent mampu memenuhi indikator berpikir kreatif kefasihan dan fleksibilitas sehingga termasuk kategori kreativitas tingkat 3 (kreatif). Siswa bergender maskulin dengan gaya kognitif field independent fasih dalam membuat banyak gagasan dan dapat memberikan jawaban benar, fleksibel dalam menggunakan cara/metode yang berbeda pada saat menyelesaikan soal dan tidak ada kebaruan cara/metode yang berbeda dari biasanya.


Keywords


Kemampuan Berpikir Kreatif; Maskulin; Field Independent

Full Text:

PDF

References


Amina, S., Listiawati, E., & Affaf, M. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah HOTS Ditinjau dari Gaya Kognitif. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 120–126. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya

Harisa, R. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Berbasis Pemodelan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika.

Hartiningrum, E. S. N., & Fikrati, A. N. (2021). Analisis Kreativitas Siswa SMK Dalam Mengajukan Soal Matematika Ditinjau Dari Gender. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 94–99.

Hasan, B. (2020). Proses Kognitif Siswa Field Independent Dan Field Dependent Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 323–332.

Hidayat, R. A., Abidin, Z., & Fuady, A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat ditinjau dari Metakognitif Peserta Didik di SMKN 1 Kraksaan. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 15(33).

Jayanti, I. N., & Julianingsih, D. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 121–131.

Lailiyah, N., Prayito, M., & Happy, N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah aritmatika sosial. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6, 253–258.

Makbul, N. (2019). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif. Universitas Negeri Makassar.

Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 8–13. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2025

Nurmalia, I., Yuhana, Y., & Fatah, A. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Siswa SMK. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(2), 105–111.

Putri, N. A. S. (2019). Gambaran Orientasi Identitas Gender pada Remaja Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Kabupaten Situbondo. Fakultas Keperawatan.

Rahayu, A. F., & Mampouw, H. L. (2019). Analisis Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Prisma Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Dan Gender. 2013, 36–48.

Silver, E. A. (1997). Fostering creativity through instruction rich in mathematical problem solving and problem posing. Zdm, 29(3), 75–80.

Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran matematika berbasis pengajuan dan pemecahan masalah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Witkin, H. A., Moore, C. A., Goodenough, D. R., & Cox, P. W. (1975). Field-Dependent And Field-Independent Cognitive Styles And Their Educational Implications. ETS Research Bulletin Series, 1975(2), 1–64. https://doi.org/10.1002/J.2333-8504.1975.TB01065.X




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i6.11551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.